Sukses

Ide Segar Nan Sederhana Mengecat Tembok Rumah

Liputan6.com, Jakarta Dinding merupakan salah satu bidang di dalam rumah yang bisa ‘dimainkan’ untuk membuat suasana berbeda. Salah satu caranya dengan mengecat.

Berbeda dari dahulu, saat ini sudah banyak sekali teknik mengecat kreatif yang bisa diaplikasikan. Jika Anda ingin mencoba, perhatikan empat teknik sederhana dalam mengecat dinding ini sehingga menghasilkan cat yang lebih menarik, tak sekadar polos saja. Mudah dilakukan, kok.

Wall Brushing

Dinamakan wall brushing karena Anda dapat menggunakan sikat untuk menciptakan hasil akhirnya. Dengan teknik ini Anda akan mendapatkan pola berupa garis arsir pada dinding ruang.

Selain sikat, Anda dapat menggunakan sapu ijuk. Caranya, cat dinding dengan warna kesukaan. Selagi masih basah, gunakan sikat atau rentangkan sapu ijuk lalu tempelkan ujungnya dan tarik ke bawah satu arah hingga mendapat garis arsiran halus.

Gunakan ijuk atau sikat untuk membentuk pola bergaris.

Wall Sponging

Teknik ini sangat mudah dan murah, serta akan membuat dinding Anda sangat bagus. Anda hanya membutuhkan spons untuk menciptakan efek ini.

Anda bisa gunakan spons pencuci piring ataupun spons mandi. Caranya oleskan cat pada permukaan spons, lalu tinggal tempel-tempelkan spons pada dinding. Permukaan spons yang berongga-rongga akan menghasilkan moif yang bagus.

Menggunakan spons, bisa juga dengan sikat yang ditempelkan tanpa diseret, akan menimbulkan pola seperti semprotan air.

Wall Rag Rolling

Cara ini juga relatif murah dan praktis. Anda hanya membutuhkan sebuah kain lap untuk menghasilkan motif abstark yang menari.

Caranya cat dinding ruang, lalu sebelum mengering gunakan kain yang telah digulung sebelumnya. Gulung kain di atas cat yang masih basah. Voila! Gulungan kain akan menciptakan motif abstrak yang indah.

Hadirkan pola abstrak nan dinamis hanya dengan menggulung kain di permukaan tembok yang masih basah oleh cat.

(Simak juga: Pilah-Pilih Warna Cat Dinding untuk Rumah Minimalis)

Wall Stamp

Ini merupakan teknik mencetak pada dinding. Anda bisa menggunakan kain renda atau tatakan gelas dari kertas sebagai pola dasarnya.

Tempelkan kain renda atau tatakan pada dinding. Gunakan spray adhesive untuk merekatkan. Lalu cat bagian atasnya dengan cat dinding yang telah Anda pilih. Setelah itu tinggal lepaskan. Pola yang indah dengan mudah bisa menghiasi rumah.

Satu tips tambahan, Anda bisa berkreasi dengan paduan warna dasar dan warna atas sesuai selera.

Tempelkan taplak meja dengan lem yang mudah dicopot. Voila! Pola simetris nan artistik tercipta di tembok Anda.

Dekorasi tanpa banyak biaya ini tepat untuk diaplikasikan pada rumah minimalis. Tertarik memiliki rumah di bawah Rp300 Jutaan? Lihat puluhan pilihannya di sini.

Sumber: Rumah.com

Foto: hipwee.com, diy.sndimg.com, royaldesignstudio.com

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Panduan agar Nyaman Tinggal di Kamar Kos
Artikel Selanjutnya
Tips Menata Dapur Mungil Rumah Tipe 45