Sukses

Jurus Efektif Hilangkan Aroma Petai dan Jengkol di Alat Masak

Liputan6.com, Jakarta Memasak petai dan jengkol boleh dibilang guilty pleasure. Dua makanan ini menambah kenikmatan menyantap nasi, namun di sisi lain aroma yang dikeluarkan bisa membuat orang tak nyaman.

Petai dan jengkol memang bisa membuat aroma makanan menjadi lebih tajam sehingga meningkatkan nafsu makan. Masalahnya memasak petai membuat aromanya menyebar ke seluruh penjuru rumah.

Bahkan, aromanya dapat mengendap ke beberapa peralatan di rumah, terutama peralatan makan. Untuk mengatasinya, lakukan trik berikut, seperti dikutip dari Rumah.com.

Segera rendam

Jangan membiarkan peralatan memasak dan peralatan makan yang sudah digunakan untuk menyiapkan makanan yang mengandung petai dan jengkol dibiarkan begitu saja.

Bila memang butuh direndam, segera rendam dengan air hangat yang sudah dicampur sabun cuci piring dan perasan jeruk nipis. Setelah direndam selama 5-10 menit, cuci peralatan makan dengan sabun hingga berbusa, lalu bilas.

Perhatikan pori-pori peralatan memasak

Beberapa peralatan memasak yang berbahan kayu seperti cobek, talenan, wajan, atau spatula memiliki pori-pori yang setiap lubangnya berisiko menjadi tempat sisa makanan dan persembunyian bau.

Setelah digunakan segera bilas dengan air untuk menghilangkan sisa makanan lalu sikat permukaannya dengan sikat gigi bekas atau sikat halus dengan sabun cuci piring.

Rendam dengan cuka

Jika peralatan makan tak kunjung hilang aroma petainya, teteskan air perasan jeruk nipis, lalu ulangi mencucinya dengan sabun cuci piring dan tambahkan soda kue.

Cara lainnya, rendam peralatan makan dengan satu sendok makan cuka yang dicampur air satu baskom selama 4-5 jam.

(Simak juga: Inspirasi Menata Dapur Mungil dan Dapur Terbuka)

Perhatikan barang alumunium

Peralatan memasak yang terbuat dari alumunium sebaiknya direndam dahulu dengan air dingin yang dicampur soda kue.

Setelahnya gunakan campuran sabun cuci piring dan air jeruk nipis saat mencucinya agar aromanya benar-benar hilang. Segera keringkan agar tak ada sisa air yang menempel di peralatan memasak.

Segera pel ruangan Anda

Aroma jengkol dan petai biasanya tak hanya menempel di peralatan makan tapi juga dalam ruangan Anda. Salah satu cara mencegahnya adalah menyingkirkan dahulu semua peralatan rumah tangga yang berbahan kain, seperti keset, karpet, dan tirai.

Cara lainnya adalah segera mengepel ruangan di dalam rumah dengan cairan pel yang mengandung aroma terapi atau bakarlah kayu manis di atas kompor untuk mengurangi aroma tak sedap.

Saat ini, banyak rumah menawarkan dapur terbuka, yang terletak di area terbuka belakang rumah. Penataan ini untuk menambah efisiensi pemanfaatan bangunan. Tertarik mencari rumah baru? Temukan puluhan pilihan rumah di bawah Rp300 Juta di sini.

Foto: Wikipedia

Boy Leonard

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ini Rahasia Anak Rajin Belajar di Rumah
Artikel Selanjutnya
Tips Nyaman Belajar di Rumah Bagi Mahasiswa S2