Sukses

7 Prinsip untuk Menjaga Ranjang Tetap Awet

Liputan6.com, Jakarta Kenyamanan sebuah tempat tidur tak hanya dipengaruhi oleh jenis kasurnya, tetapi juga bingkai kasurnya/ranjang kasur/bed frame.

Ahasil banyak orang melupakan melakukan perawatan pada bed frame. Sebagai penyangga kasur, bed frame perlu diperhatikan perawatannya.

Bayangkan jika bed frame kasur Anda rusak, Anda tentu tak akan bisa tidur nyaman meski kasur Anda bermaterial lateks sekalipun. Dinukil dari Rumah.com, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat bed frame di rumah.

Kayu Lebih Baik

Saat membeli pertimbangkan bahan dasar bed frame tersebut. Bingkai tempat tidur berbahan kayu akan lebih baik di bandingkan material logam. Bingkai kasur berbahan logam mudah berkarat dan cenderung ‘mencicit’.

Sementara material kayu lebih awet dan tahan lama. Pilih kualitas kayu yang baik sehingga dapat dipakai bertahun-tahun.

Bersihkan Rutin

Bingkai kasur rentan berdebu. Lakukan pembersihan rutin 3-5 hari sekali. Caranya dengan menggunakan lap kanebo atau lap kering. Lap seluruh bagian bingkai kasur dari debu yang menempel.

Jika bingkai kasur bermaterial kayu, jangan gunakan terlalu banyak air karena bisa menyebabkan bingkai kayu melengkung.

(Simak juga: Membuat Kamar Tidur Rumah Serasa Kamar Hotel)

Bersihkan Bagian Dalam

Saat membersihkan bingkai kasur jangan sebatas yang terlihat oleh mata saja. Bersihkan juga bagian dalam bingkai kasur. Caranya, angkat kasur terlebih dahulu.

Lalu bersihkan menggunakan lap. Tipe bed frame saat ini umumnya sudah dilapisi dengan bahan seperti leather, atau sintetis leather sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

Anda cukup mengelap saja seluruh bagian dalam bed frames. Jika bingkai kasur Anda masih tradisional, jangan lupakan untuk mengecek kayu-kayu penyangganya. Apakah masih solid semua? Lalu bersihkan juga kayu-kayu penyangganya yang rentan dari debu di kolong tempat tidur.

Perhatikan Posisi

Jangan letakkan tempat tidur dalam posisi menempel dengan dinding, sekalipun tempat tidur Anda berada di sudut ruang. Berikan sedikit jarak antara bed frame dengan dinding, ini untuk meminimalisasi debu menempel langsung ke bed frame. Selain itu untuk menghindari lembap dari dinding yang menempel.

Jangan melompat

Bingkai tempat tidur akan cepat rusak jika mendapat tekanan yang terlalu bayak dan besar. Frame tempat tidur dibuat untuk menahan banyak tekanan secara merata, tidak cepat dan berat badan sangat besar. Melompat juga dapat membuat tempat tidur Anda melengkung di bagian tengah kasur.

(Simak juga: Ratusan Pilihan Hunian di bawah Rp500 Juta di seluruh Indonesia)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ini Rahasia Anak Rajin Belajar di Rumah
Artikel Selanjutnya
Desain Pintu Unik Bikin Rumah Makin Nyentrik