Sukses

Rumah Berdesain Minimalis Harus Didukung Gaya Hidup Penghuninya

Liputan6.com, Jakarta Desain interior minimalis memang paling pas diterapkan pada rumah dengan tipe 36 atau yang berukuran minim. Gaya ini menjadi populer di area perkotaan dimana banyak ditemukan rumah dengan tipe sederhana atau berukuran kecil.

Baca juga: Mengapa Tinggal di Rumah Minimalis Lebih Sehat?

Selain gaya arsitektur dan interior yang minim dekorasi, gaya hidup penghuninya ternyata juga harus mendukung agar dapat menciptakan nuansa minimalis di dalam rumah, loh! Penasaran seperti apa? Berikut adalah beberapa tips dari Rumah.com yang bisa Anda terapkan untuk menciptakan hunian yang minimalis.

Rela menyisihkan sebagian barang

Punya rumah dengan desain minimalis membuat penghuninya harus pandai-pandai memaksimalkan setiap sudut rumah untuk menyimpan barang. Memang tidak mudah, namun ada dua langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mulai mengurangi perabot di setiap ruangan.

  • Sortir benda yang tidak digunakan. Luangkan waktu di akhir pekan untuk menyortir semua barang yang Anda simpan di dalam lemari. Mulai dari pakaian, sepatu, buku, hingga peralatan makan. Selain bisa dijual, tumpukan barang ini juga akan lebih bernilai ketika Anda donasikan ke yayasan panti asuhan.
  • Investasi pada perabot berkualitas. Tidak ada salahnya memberi perabot baru, bahkan dengan harga yang cukup tinggi. Asal Anda berkomitmen merawatnya dengan baik, maka barang tersebut bisa menjadi investasi jangka panjang yang dapat menghias rumah minimalis Anda agar tampak lebih manis.

Rutinitas Bersih-bersih

Rumah minimalis membutuhkan ekstra perawatan karena tumpukan barang bisa membuat rumah menjadi sempit seketika. Untuk itu Anda harus rajin melakukan aktivitas bersih-bersih, salah satunya seperti mencuci piring segera setelah Anda gunakan. Dengan mencuci piring secara langsung maka wastafel Anda bisa tampak bersih dan rapi setiap kali menghampiri area dapur.

Selain itu, pastikan untuk membersihkan countertops setiap malam sebelum tidur. Countertops yang dimaksud tidak hanya meja yang ada di dapur, namun juga meja rias, meja makan, dan meja tamu. Dengan demikian esok paginya Anda bisa mendapatkan mood yang positif setelah bangun tidur.

Menyeleksi ketat barang yang dibawa kerumah

Menjaga rumah minimalis artinya Anda harus menjaga barang-barang agar tertata rapi di tempatnya masing-masing. Ini bukanlah tugas yang mudah. Setelah mengurangi barang yang tidak diperlukan, tentu Anda juga harus lebih selektif memilih perabot apa yang akan dibeli dan diletakkan di dalam rumah. Pastikan barang tersebut benar-benar dibutuhkan dan disenangi oleh Anda dan keluarga.

Kebiasaan Merapikan Area Kecil

Selain rutinitas bersih-bersih harian seperti menyapu dan mencuci piring, si pemilik rumah minimalis juga harus cermat menyempatkan waktunya untuk bersih-bersih pada area tersembunyi. Misalnya isi laci, lemari dan bahkan kulkas.

Sisihkan waktu sekitar 15-20 menit di hari minggu untuk kebiasaan yang berdampak besar ini. Area penyimpanan yang tertata rapi akan mempermudah pemilik rumah mencari barang yang dibutuhkan dan membuat rumah lebih tertata rapi.

Tertarik ingin memiliki rumah berdesain minimalis? Simak aneka pilihannya di sini.

Foto: Pexels

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Trik Atur Rumah Agar Mudah Dibersihkan Tanpa Bantuan ART
Artikel Selanjutnya
3 Langkah Mudah untuk Jual Rumah