Sukses

Ingin Membuat Pusat Informasi di Rumah? Begini Caranya!

Liputan6.com, Jakarta Seringkah Anda menyimpan kertas di sembarang tempat dan kesulitan menemukannya kembali ketika membutuhkannya? Hal ini sering terjadi terutama ketika Anda memiliki anak yang sudah bersekolah, dimana banyak informasi berkaitan urusan sekolah dibagikan melalui selembar kertas.

Simak juga: Indikator Sebuah Rumah yang Sehat Bagi Keluarga

Dan agar tidak tercecer, Anda bisa membuat sebuah tempat untuk menyimpan segala kertas yang berisi informasi di dalam rumah. Sebelum membuatnya, simak apa saja yang harus disiapkan seperti yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini.

1. Mencari Tempat yang Cocok
Anda bisa memulainya dengan menggantungkan beberapa kotak untuk menyimpan surat-surat penting.

Periksa ruangan dan lihat dimana biasanya ruangan yang berantakan tersebut atau yang terdapat kertas-kertas yang bertebaran. Beberapa orang sering menyimpan surat atau dokumen di atas meja ruang keluarga dan juga meyimpannya di atas kulkas atau dapur.

Di ruangan inilah sebaiknya Anda membuat pusat informasi tersebut. Anda bisa memulainya dengan menggantungkan beberapa kotak untuk menyimpan surat-surat penting.

2. Benda Lain yang Bisa Disimpan
Anda bisa menambahkan item lain di papan pusat informasi seperti sebuah gantungan kecil untuk menyimpan benda-benda seperti kunci mobil atau kunci ruangan lain.

Apakah Anda juga sering kehilangan barang-barang tertentu seperti kunci atau kacamata? Atau mungkin barang anak-anak seperti sepatu, jaket dan kaos kaki. Anda bisa menambahkan item lain di papan pusat informasi seperti sebuah gantungan kecil untuk menyimpan benda-benda seperti kunci mobil atau kunci ruangan lain.

3. Barang yang Sering Dibawa Pulang
Perhatikan apa yang sering dibawa anak atau pasangan Anda pulang ke rumah. Tas, kotak makan, pekerjaan rumah? Bukan hanya surat dokumen atau tagihan yang perlu memiliki tempat untuk menyimpannya, tetapi kertas lain seperti pekerjaan rumah anak, pemberitahuan dari sekolah, menu makan siang bahkan hasil karya anak juga perlu memiliki tempat untuk menyimpan.

Siapkan sebuah tempat khusus untuk menyimpan atau Anda bisa menggunakan magnet agar anak bisa menyimpan sendiri karya yang mereka telah buat di sekolah.

4. Jadwal Mingguan
Apakah Anda, pasangan, dan anak selalu memiliki catatan kegiatan atau acara masing-masing setiap minggunya? Jika tidak, pasanglah sebuah kalender di pusat informasi ini.

Jika Anda membuat papan pusat informasi di tengah ruang makan bisa menjadi keuntungan karena setiap anggota keluarga bisa melihat dan juga mengisi kalender tersebut sehingga dapat mengetahui jadwal masing-masing.

Anda bisa menggunakan spidol atau stabilo dengan warna yang berbeda untuk masing-masing anggota keluarga.

5. Informasi Penting
Hal lain yang bisa mempercantik tampilan papan informasi adalah pemilihan warna pada aksesoris papan atau meletakkan sebuah vas bunga di depannya.

Pertanyaan apakah yang sering diajukan oleh anak? Atau informasi apa yang dibutuhkan setiap anggota keluarga? Misalnya, seorang anak bertanya kepada ibunya “Makan siang apa kita hari ini?” Anda bisa menuliskan menu mingguan di papan ini atau rencana liburan keluar kota.

Setiap keluarga memiliki kebiasaan yang berbeda jadi Anda bisa membuat papan informasi ini sesuai dengan kebutuhan. Hal lain yang bisa mempercantik tampilan papan informasi adalah pemilihan warna pada aksesoris papan atau meletakkan sebuah vas bunga di depannya.

Ingin punya rumah seharga Rp 300jutaan? Simak informasinya di sini.

Foto: Happilyevermom

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Mudik Tenang karena Rumah Aman
Artikel Selanjutnya
Simak, Tips Mengecat Perabot Ala Profesional!