Sukses


Mau Tidur Lebih Nyenyak? Ubah Kamar Anda!

Agar tidur Anda menjadi lebih nyenyak dan berkualitas, buatlah beberapa perubahan di kamar tidur Anda seperti berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Tidur di malam hari adalah salah satu aktivitas yang penting bagi tubuh. Orang dewasa yang sehat paling tidak membutuhkan waktu tidur ideal antara 7 – 8 jam agar otot dan pikiran bisa kembali bugar.

Tidak hanya itu, hormon tertentu seperti hormon pertumbuhan juga hanya bisa bekerja ketika kita tidur pulas di malam hari. Itulah sebabnya mengapa kita perlu memastikan apakah tidur kita sudah cukup setiap malam.

Simak juga: Jenis-Jenis Pencahayaan untuk Kamar Tidur Nyaman

Dan agar tidur Anda menjadi lebih nyenyak dan berkualitas, buatlah beberapa perubahan di kamar tidur Anda seperti yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini.

1. Jauhkan Benda Bercahaya
Adanya cahaya sesedikit apapun di kamar dapat memengaruhi zat melatonin di dalam tubuh. Melatonin adalah hormon yang dibuat oleh sebuah kelenjar kecil di otak yang membantu mengendalikan siklus tidur dan bangun Anda.

Jika Anda memiliki jam meja alarm yang mengeluarkan cahaya, hadapkan jam tersebut ke arah yang berlawanan dengan posisi tidur.

2. Nyalakan Kipas Angin
Beberapa penelitian menyatakan kualitas tidur dapat ditingkatkan dengan menyalakan sebuah suara bising tertentu yang konsisten. Suara ini bisa Anda buat di rumah dengan menyalakan kipas angin, bahkan kini sudah ada aplikasi khusus yang menyediakan suara-suara tersebut seperti suara tetesan hujan atau angin.

3. Sediakan Wewangian Lavender
Wangi bunga ini sudah dikenal lama dapat memberikan ketenangan serta menurunkan detak jantung dan tekanan darah. Minyak dengan wangi lavender ini banyak dijual di pasaran, Anda bisa men-diffuse di dalam ruangan atau menghirupnya beberapa saat sebelum tidur.

4. Siapkan Selimut Pribadi
Menggunakan satu selimut bersama orang lain sebenarnya tidak dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak karena ketika orang tersebut bergerak maka selimut akan ikut tertarik sehingga bisa membuat Anda terbangun.

Selain itu menggunakan selimut bersama juga dapat membuat Anda merasa lebih gerah, lebih baik menggunakan selimut sendiri-sendiri.

5. Rapikan Tempat Tidur
Berdasarkan studi yang dilakukan oleh The National Sleep Foundation, tempat tidur yang sudah dirapikan setiap harinya dapat membuat waktu tidur menjadi lebih berkualitas. Jadi, jangan lupakan selalu merapikan tempat tidur di pagi hari.

6. Gunakan Bantal yang Nyaman
Pilih bantal yang nyaman untuk menyangga leher dan kepala Anda. Sebuah bantal memiliki kurun waktu tertentu untuk digunakan. Dalam watu 1-2 tahun Anda harus mengganti bantal, terutama jika di bantal tersebut terdapat noda atau warna kuning yang permanen.

Perhatikan juga bahan yang digunakan sebagai sarung bantal apakah sudah cukup lembut.

7. Tidur di Suhu Udara yang Dingin
Udara dingin dapat membuat tubuh Anda jadi ingin beristirahat lebih cepat. Beberapa spesialis menyarankan untuk tidur di suhu 25-29 derajat celsius. Cukup dingin sehingga Anda membutuhkan selimut untuk tidur.

Ingin punya rumah di daerah yang sejuk dan berada di lokasi yang strategis? Simak pilihannya di sini.

 

Foto: Pixabay

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.