Sukses

Bikin Bunga Potong Lebih Awet dengan Cara ini!

Liputan6.com, Jakarta Menghias ruangan dengan bunga potong biasanya dilakukan pada momen tertentu, misalnya hari raya, pernikahan dan pertunangan. Sayangnya dalam hitungan hari, bunga potong akan layu dan mengering.

Dari pada dibuang percuma, Anda bisa membuat tampilan bunga potong tetap segar dengan cara mengawetkannya. Ada beberapa cara mengawetkan bunga potong. Simak beberapa cara seperti yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini.

Simak juga: 5 Cara Membuat Bunga Potong Mekar Lebih Lama

Menggunakan Gliserin

Ketuk ujung batang bunga menggunakan martil. Langkah ini dilakukan untuk membuat tanaman bisa menyerap gliserin secara maksimal.

Siapkan beberapa bahan, seperti: bunga potong segar, gliserin, palu, dan wadah sekali pakai (misalnya kardus bekas). Untuk gliserin, Anda bisa membeli bahan kimia ini dari toko bahan kimia atau apotik terdekat.

Gliserin dapat mengawetkan bunga dengan tetap mempertahankan warna, bentuk dan teksur bunga seperti semula. Bunga mawar sangat mudah menyerap gliserin, sehingga meski mengering, tekstur kelopak bunganya tidak berubah sama sekali.

Langkah pertama, potong bunga segar di pagi hari. Potong batang bunga minimal 15 sentimeter atau lebih sesuai selera Anda. Kemudian buka kelopak bunga ke posisi yang ideal agar nampak bagus ketika dikeringkan. Untuk hasil terbaik, segera keringkan dengan gliserin karena bunga layu nampak kurang bagus jika dikeringkan.

Kemudian, palu ujung batang bunga menggunakan martil. Langkah ini dilakukan untuk membuat tanaman bisa menyerap gliserin secara maksimal.

Buat campuran air hangat dan gliserin. Buat rasio air dan gliserin dua berbanding satu. Kemudian panaskan cairan ini dengan suhu rendah di atas kompor dan rebus sampai gliserin larut.

Tuang larutan air gliserin ini ke dalam wadah sekali pakai, misalnya kardus susu bekas.

Rendam batang bunga ke dalam larutan air gliserin dengan kedalaman setikanya enam inci. Jika jumlah larutan berkurang karena diserap bunga, tambahkan lagi larutan ke dalam wadah. Anda harus sabar menunggu setidaknya enam minggu hingga larutan gliserin menyerap sempurna ke dalam bunga.

Sembari proses ini berlangsung, batang dan bunga akan berubah warna menjadi cokelat secara perlahan. Pada bagian kelopak, warna merah mawar biasanya tidak berubah, hanya menjadi sedikit gelap. Tekstur kelopak juga akan nampak sedikit lunak seperti lilin.

Gantung bunga dengan posisi terbalik ketika larutan gliserin terserap sempurna. Posisi terbalik ini akan menarik bunga dengan gaya gravitasi ke bawah. Dengan demikian gliserin akan semakin menyerap sempurna ke seluruh kelopak bunga dan mencegah kelopak menjadi keriting.

Langkah terakhir, Anda tinggal menggunting ujung batang bunga yang penyet akibat dipukul palu. Bunga kering Anda siap untuk dipajang untuk pemanis ruangan.

Menggunakan Hairspray

Semprot bunga dengan jarak sejauh beberapa sentimeter dari permukaan. Jangan terlalu dekat, karena bahan kimia yang terkandung dalam hairspray dapat merusak bunga.

Selain gliserin, ternyata sprai rambut juga memiliki fungsi ganda untuk menjaga bunga potong nampak segar. Akan tetapi, daya tahannya tidak sepanjang jika menggunakan gliserin. Hairspray hanya menambah usia bunga lebih panjang beberapa hari. Kesegaran bunga akan tetap terjaga jika Anda rutin menyemprot bunga dengan hairspray.

Pertama, siapkan bunga potong segar dan hairspray. Kemudian semprot bunga dengan jarak sejauh beberapa sentimeter dari permukaan. Jangan terlalu dekat, karena bahan kimia yang terkandung dalam hairspray dapat merusak bunga.

Kemudian, gantung bunga dengan posisi terbalik hingga hairspray mengering sempurna. Gantung di lokasi yang mendapat asupan angin cukup. Terakhir, rangkai bunga di dalam vas dan Anda bisa mengulang langkah tersebut setiap beberapa hari sekali untuk menjaga bunga tampak segar.

Ingin punya rumah dengan harga yang terjangkau? Simak aneka pilihan jenis hunian di bawah Rp 200jutaan di sini.

Foto: Pixabay

Isnaini Khorunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Tak Hanya Cantik, Bunga Ini Juga Bisa Dimakan
Artikel Selanjutnya
Perhatikan Ini Sebelum Beri Bunga untuk Orang Sakit