Sukses

8 Benda Ini Haram Diletakkan di Kamar Mandi

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin berpikir dapat menyimpan benda apa pun di dalam sebuah ruang. Padahal, tak setiap ruang cocok untuk meletakkan benda-benda tertentu, misalnya saja kamar mandi rumah Anda.

Apalagi kamar mandi cenderung memiliki tingkat kelembapan yang tinggi. Karena itu, menyimpan barang juga ada aturannya. Berikut ini beberapa barang yang harus kamu hindari untuk disimpan di kamar mandi.

Obat-obatan

Kamar mandi bukan tempat yang tepat untuk menaruh obat-obatan, meskipun Anda meletakkannya di dalam kotak obat khusus. Soalnya, obat-obatan rentan terhadap udara lembap.

Udara lembap dan panas dapat menyebabkan obat seperti salep dan krim mengering, dan obat jenis tablet atau kapsul dapat mengurai dan berubah warna. Kualitas obat pun dapat menurun.

Tips tambahan, untuk obat-obatan, sebaiknya simpan di ruang yang kering bersuhu 20-25 derajat Celcius.

(Simak juga: Cerahkan Kamar Mandi dengan Paduan Warna Kontras)

Perhiasan

Udara lezbap di dalam kamar mandi dapat mempercepat proses oksidasi perhiasan Anda. Inilah yang akan membuat warna perhiasan menjadi memudar, misalnya dari kuning tembaga menjadi cokelat kusam.

Sebaiknya simpan perhiasan di dalam kamar dengan kotak penyimpanan khusus sehingga perhiasan tidak terkena kontak langsung dengan unsur radikal bebas dan udara, termasuk oksigen dan air.

Alat Makeup

Peralatan makeup sering kali dibiarkan tergeletak di meja dalam kamar mandi. Padahal alat-alat makeup yang seringkali Anda gunakan seperti bedak, krim wajah, atau liquid makeup harus disimpan dalam suhu ruang agar tahan lama.

Parfum

Ruang yang lembap dan panas akan mempercepat proses oksidasi pada parfum. Ini menyebabkan aroma parfum cepat rusak. Cairan dalam botol parfum juga dapat menguap lebih cepat.

Elektronik non-waterproof

Mungkin kamar mandi Anda dilengkapi televisi, atau Anda seringkali menaruh ipod dock dan speaker di kamar mandi Anda. Mulai sekarang pikirkan dua kali.

Pasalnya kebanyakan barang elektronik tidak dirancang untuk ditempatkan di kamar mandi sehingga tidak tahan dengan kelembapan tinggi. Kelembapan tinggi membuat elektronik rentan kerusakan.

Sebaiknya pilih barang elektronik yang waterproof atau water-resistant jika ingin ditempatkan di kamar mandi.

Linen

Udara lembap dalam kamar mandi membuat jamur, lumut, dan bakteri mudah berkembang biak. Benda berbahan linen seperti handuk atau seprai dapat mudah lembap jika disimpan di dalam kamar mandi.

Jika terpaksa harus menaruhnya di kamar mandi, Anda harus menjalankan exhaust fan sebesar mungkin untuk menjaga udara tidak lembap.

Kuteks

Udara lembap dalam kamar mandi dapat merusak kualitas warna cat kuku. Udara lembap dan panas juga dapat membuat cairan kuteks menjadi mengental dan akhirnya mengeras.

Pisau cukur

Anda mungkin merasa aman-aman saja menyimpan pisau cukur di dalam kamar mandi, namun tahukah Anda, udara lembap dan air dapat membuat mata pisau berkarat? Karat pisau akan sangat berbahaya jika melukai bagian kulit Anda. Kulit dapat terinfeksi dan menjadi parah.

Banyak perumahan baru saat ini menawarkan konsep minimalis dengan desain kamar mandi yang sederhana. Tertarik mencari rumah minimalis dengan harga terjangkau? Klik di sini untuk melihat pilihan hunian di bawah kisaran Rp500 Juta di seluruh Indonesia.

Foto: Rumah.com/Getty Images

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ngeri, Ular Piton 3 Meter Ini Bersembunyi di Kolong Ranjang
Artikel Selanjutnya
Rumah ‘Tampak’ Bersih Secepat Kilat dalam 5 Langkah