Sukses


Begini Cara Hapus Noda Bandel di Sela Lantai Keramik

Pernah melihat lantai rumah tampak kusam meski sudah disapu dan dipel? Bisa jadi karena Anda tak pernah membersihkan nat atau sela keramik.

Liputan6.com, Jakarta Pernah melihat lantai rumah tampak kusam meski sudah disapu dan dipel? Bisa jadi penyebabnya Anda tak pernah membersihkan nat atau sela keramik.

Sela keramik biasanya berwarna putih, sehingga akan sangat terlihat jika terkena noda atau berjamur.

Kadang debu dan kotoran yang menempel inilah yang menyebabkan keramik menjadi kusam dan tak sedap dipandang. Padahal membersihkannya tak butuh effort besar, simak trik yang dilansir Rumah.com berikut ini.

Pilih produk yang sesuai

Produk pembersih lantai yang biasanya digunakan untuk mengepel cenderung kurang efektif untuk membersihkan sela-sela lantai. Karbol atau cairan pembersih khusus lantai kamar mandi justru lebih efektif.

Lagipula cairan pembersih ini juga ditambah antijamur dan antilumut sehingga mencegah sela keramik dihinggapi dua pengganggu tersebut.

Perhatikan aromanya

Tak sedikit pembersih lantai kamar mandi dan pembersih sela lantai yang aromanya tak enak. Selain itu, pembersih lantai ini sangat menyengat sehingga berisiko membuat Anda pusing saat menghirupnya.

Jangan hanya tergoda dengan harga murah, pilih pembersih yang aromanya netral sehingga Anda tak harus membuat seluruh penghuni rumah sakit kepala.

Pembersih yang menyengat ini juga meninggalkan aroma asam pada lamtai Anda. Beberapa pembersih sudah menggunakan aroma tertentu, misalnya lemon, dan ini bisa menjadi pilihan Anda.

(Simak juga: Enam Syarat Wajib Gunakan Lantai Kayu)

Racik bahan sendiri

Tak ingin menggunakan produk yang aromanya tak sedap, Anda bisa meracik sendiri bahan pembersih sela lantai. Misalnya, dengan mencampur soda kue dengan cuka.

Kedua bahan ini cukup efektif, bahkan bisa menghilangkan lumut serta jamur, dan mengilapkan lantai rumah.

Bersihkan lantai dahulu

Sebelum menggunakan bahan pembersih sela keramik, sapu dan pel dahulu lantai Anda untuk menyingkirkan tumpukan debu.

Lalu, oleskan pembersih keramik dan diamkan selama 15-30 menit agar kotorannya terangkat. Setelahnya Anda bisa menggunakan sikat untuk membersihkan sela keramiknya. Segera bilas dengan air dan keringkan—jangan biarkan lembap untuk mencegah timbulnya jamur.

Tren menggunakan lantai keramik sudah bergeser. Saat ini, pengembang perumahan baru lebih banyak menggunakan jenis granite tile yang memberikan kesan mewah. Tertarik memiliki rumah baru? Ini daftar perumahan baru di bawah Rp750 Juta di kota-kota besar Indonesia.

Foto: RumahCom/Getty Images

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini