Sukses

7 Cara Efektif Cegah Debu Bersarang di Kamar Tidur

Liputan6.com, Jakarta Paling malas saat melihat banyak debu di kamar. Padahal hampir 24 jam jendela kamar tertutup karena menggunakan pendingin ruang, tetapi debu tetap berkembang biak.

Mencuci seprai dan sarung bantal minimal seminggu sekali merupakan cara paling mudah yang bisa Anda lakukan. Namun jika Anda cukup malas untuk membersihkan kamar, Ada beberapa cara mencegah debu datang ke kamar Anda, seperti dilansir Rumah.com berikut ini.

Hindari furnitur penuh ukiran

Gunakan furnitur bergaya minimalis untuk melengkapi kamar Anda. Perabot bergaya minimalis cenderung lebih simpel dan tegas tanpa banyak detail. Sementara perabot dengan detail ukiran dapat menjadi sarang debu.

Debu-debu dapat menempel di pojok-pojok ukiran dan seringkali sulit dibersihkan karena sudah menempel. Demikian juga hindari menumpuk barang seperti buku dan majalah di dalam kamar.

Hindari pemakaian kasur kapuk

Kapuk akan menjadi sumber utama debu dalam kamar. Apalagi jika sudah digunakan dalam waktu lama. Gunakan kasur spring bed dan bantal serta guling dakron untuk meminimalisasi adanya debu di kamar.

No Sofa!

Hindari menempatkan sofa di kamar tidur. Jika ingin menambahkan tempat duduk, gunakan yang bermaterial kayu atau plastik sehingga mudah dibersihkan.

Bisa juga mengganti sofa dengan bean bag yang berisi pasir lycra. Biasanya bean bag berisi pasir lycra memiliki permukaan lebih halus. Permukaan halus akan meminimalisasi debu menempel.

Jangan menyimpan sepatu

Jangan simpan sepatu di dalam kamar. Alas sepatu sudah pasti kotor dan mengandung debu. Tumpukan kotak-kotak sepatu dalam kamar juga rentan menjadi sarang debu.

(Simak juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Bersihkan Debu di Rumah)

Larang peliharaan masuk

Jangan biarkan binatang peliharaan Anda masuk ke dalam kamar, walaupun mereka tidak pernah bermain di luar rumah. Bulu binatang yang halus mudah ditempeli debu dan kotoran. Jika masuk ke kamar Anda, debu dari bulu hewan peliharaan akan berpindah ke kasur Anda.

Minim pajangan

Minimalisasi penambahan interior ruang seperti pemasangan lukisan, gambar, foto yang dibingkai di dinding, atau patung-patung berbahan kayu.

Debu akan menempel di pajangan-pajangan kecil seperti itu, sementara kita sering lupa membersihkannya secara teratur.

Gunakan lap basah

Untuk mebersihkan debu di dalam kamar jangan hanya menggunakan kemoceng atau lap kering, tetapi gunakan lap basah. Bersihkan perabot 2-3 kali dengan lap basah.

Hal ini untuk menghindari debu berterbangan ke penjuru kamar yang lain. Membersihkan lantai juga ada tahapannya.

Pertama, sapu lantai dengan kain pel basah sehingga debu-debu kering ikut basah dan menggumpal. Debu yang sudah menggumpal akan lebih mudah dibersihkan dan tidak berterbangan.

Kedua, sapu debu-debu tersebut dengan sapu biasa. Ketiga, pel kembali lantai dengan pewangi lantai.

Banyak perumahan baru membangun lingkungan yang bersih dan sehat, dengan sistem cluster. Tertarik memiliki rumah baru? Simak pilihan rumah baru di seluruh Indonesia dengan harga di bawah Rp500 Juta di sini.

Foto: Rumah.com/Getty Images

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Membuat Dapur Terbuka Terasa Lebih Nyaman
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Usir Kuman di Kamar Anak