Sukses


6 Langkah Usir Tikus Nakal dari Kap Mobil Anda!

Tikus bersarang di ruang mesin mobil untuk berlindung dari cuaca di luar. Masalahnya, tak jarang mereka menggerogoti kabel.

Liputan6.com, Jakarta Ruang mesin yang hangat dapat menjadi tempat yang nyaman bagi tikus untuk berlindung dari cuaca malam yang dingin. Masalahnya, tikus sang pengerat sering kali juga menggerogoti kabel-kabel mesin hingga terputus.

Hal ini sering menjadi penyebab utama masalah pada kendaraan Anda. Belum sisa-sisa makanan yang dibawa kerap mengganggu kinerja mesin.

Tikus-tikus juga sering meninggalkan kotorannya di ruang mesin yang menyebabkan bau menyengat. Agar hal ini tak terjadi lagi Anda harus mencegahnya dengan beberapa trik berikut, seperti dinukil dari Rumah.com.

Panaskan mesin mobil

Jika Anda memiliki mobil yang jarang digunakan, jangan lupa untuk selalu memanaskan mesinnya setiap hari. Tak perlu lama-lama cukup 3-5 menit.

Tikus biasanya lebih suka bersarang di mobil yang jarang dipakai. Dengan rutin memanaskan mesin mobil Anda, tikus akan malas naik ke kap mesin.

Siapkan perangkap

Anda bisa menyiapkan perangkap tikus di bawah mesin mobil. Perangkap tikus bisa berupa penjepit tikus atau lem tikus. Taruh sedikit makanan yang disukai tikus untuk memancingnya ke dalam perangkap.

Menaruh racun tikus sangat tidak dianjurkan karena Anda tidak akan tahu di mana tikus tersebut akan mati dan membusuk.

Beri aroma tak sedap

Berikan aroma tidak sedap di sekitar mesin. Ada beberapa bebauan yang tidak disukai tikus yang banyak dijual di toko pembasmi hama. Tikus kurang suka dengan aroma peppermint, rambut kucing, rambut anjing, dan lainnya.

Tempatkan aroma ini di sekitar mesin dan mobil agar tikus enggan mendekat. Anda juga bisa menebarkan kapur barus di dalam kap mesin mobil.

Tutup akses masuk

Jika mobil Anda berada di garasi tertutup, maka Anda harus menutup akses masuk si tikus. Pastikan pintu garasi tertutup saat malam hari.

Jika garasi mobil Anda berada di ruang terbuka Anda bisa menutup jalur tikus dengan menerbar kapur barus di dekat ban mobil atau menyemprot pestisida di sekitar ban mobil. Sebab biasanya tikus masuk ke ruang mesin merayap melalui ban mobil.

(Simak juga: Empat Metode Basmi Tikus di Dalam Rumah)

Gunakan Mengkudu

Anda juga bisa mengusir tikus menggunakan bahan alami, buah mengkudu salah satunya. Iris kotak-kotak buah mengkudu atau pace. Taruh beberapa potongan di mangkok.

Letakkan mangkok-mangkok tersebut di tempat yang sering dilalui tikus, atau di kolong kap mesin mobil Anda. Bau mengkudu akan membuat tikus enggan mendekat.

Jaga Kebersihan Ruang Mesin

Lakukan pengecekan rutin pada ruang mesin mobil Anda. Minimal pagi hari sebelum kendaraan dihidupkan.

Tikus senang dengan sisa-sisa makanan dan kotoran karena itu pastikan ruang mesin selalu bersih.

Tikus muncul di lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya. Saat ini, perumahan baru lebih memperhatikan lingkungan, tak cuma bangunan. Tertarik memiliki rumah baru? Simak ratusan pilihan rumah di bawah Rp500 Juta di sini.

Foto: Amusement Worldwide

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini