Sukses


Perkuat Konsep Industrial dengan Rak Pipa Bikinan Sendiri

Desain interior bergaya industrial tengah menjadi tren di sejumlah restauran dan kafe yang ada di Ibukota Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Desain interior bergaya industrial tengah menjadi tren di sejumlah restauran dan kafe yang ada di Ibukota Jakarta.

Gaya Industrial ini tercipta dari sentuhan unfinished yang nampak mulai dari plafon, dinding, sampai dengan lantai. Selain itu, beberapa elemen seperti pipa dan besi logam menjadi salah satu pemanis furniturnya.

Ingin menghadirkan kesan industrial pada hunian pribadi Anda? Anda bisa mencoba membuat sendiri rak yang terbuat dari material pipa besi.

Selain mudah di buat, furnitur ini tahan lama dan mampu menampung banyak benda. Jadi, rumah Anda tidak hanya lebih rapi, namun juga terlihat kekinian.

Penasaran ingin mencoba? Rumah.com memberikan panduan langkah pembuatan rak pipa besi ini.

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan berikut ini.

5 julur papan kayu yang di potong dengan dimensi kurang lebih 30 x 5 x 132 cm
Sarung tangan, untuk menghindari resiko cidera
Cat kayu, pelitur dan vernis (tergantung selera)
Kain felt atau busa berbentuk lingkaran dengan diameter 7,5 cm
Lem serbaguna
4 buah flensa lantai berukuran 1,5 cm (Flensa adalah istilah untuk salah satu jenis sambungan yang digunakan saat menyambung antara pipa dan elemennya. Di sini flensa berfungsi sebagai kaki rak)
30 puting pipa berukuran 1,5 cm
4 buah pipa nipple berukuran 1,5 cm
6 pipa nipple pendek berukuran 1,5 cm
24 fitting pipa berulir berukuran 1,5 cm
4 buah pipa siku 90 derajat berukuran 1,5 cm
2 buah pipa nipple 42 inci berukuran 1,5 cm
20 tali 2 lubang berukuran 1,5 cm
40 buah sekrup kayu nomor 8 berukuran 2,5 cm
Obeng
Catatan: ukuran hanya sebagai referensi, Anda bisa mengubah sesuai dengan kebutuhan agar pas di ruangan.

Tips: Anda bebas mendesain lebar dan tinggi rak buku ini dengan menambah atau mengurangi jumlah dan panjang papan kayu yang akan digunakan. Setiap komponen akan tetap digunakan, hanya saja jumlahnya yang berbeda.

Pertama-tama, siapkan papan kayu sesuai ukuran yang diinginkan dan haluskan permukaannya menggunakan amplas.

Jika sudah siap, lapisi dengan pelitur dan cat kayu sesuai dengan keinginan. Diamkan minimial delapan jam agar kering sempurna. Agar tahan lama dan bebas rayap Anda bisa lapisi kayu dengan vernis atau lapisan tahan air.

Jika sudah selesai, saatnya beralih pipa besi dan menyatukannya seperti membuat puzzle. Di mulai dari bagian paling bawah, tempelkan kain felt atau lapisan busa tipis ke bagian bawah flensa dengan lem serbaguna.

Fungsinya agar rak Anda berdiri kokoh dan tidak merusak permukaan keramik jika di geser.

Setelah itu, sambung pipa satu persatu menggunakan fitting mulai dari rak bagian paling bawah. Dimulai dari menghubungkan close nipple ke empat pipa utama, kemudian sambung dengan fitting siku satu per satu.

Untuk menghindari tangan terluka akibat residu besi yang diputar, gunakan sarung tangan.

Gunakan pipa nipple berukuran 12 inci untuk menyambungkan pipa besi satu sama lain membentuk kotak.

Lanjutkan dengan menghubungkan pipa ke atas membentuk anak tangga. Jika sudah selesai, kedua fondasi rak ini akan disambung dengan papan kayu.

Letakkan kedua buah kaki rak sejajar dan letakkan papan kayu satu per satu dari yang paling atas. Anda mungkin membutuhkan bantuan orang lain untuk membuat jarak di antara keduanya simetris.

Untuk membuat kayu terpasang kokoh dan aman, ikat papan dan pipa dengan straps 2 titik yang disatukan dengan sekrup.

(Simak juga: Panduan Agar Tidak Salah Mengadopsi Konsep Industrial)

Setelah semua papan melekat kuat dengan pipa besi, Anda bisa membuat rak lebih bervariasi dengan menyambungkan kedua sisi fondasi pipa dengan sebuah pipa yang dipasang vertikal. Nah, rak pipa besi Anda siap untuk digunakan!

Tertarik memiliki rumah baru agar lebih leluasa mengaplikasikan desain industrialis? Simak pilihan rumah baru dua lantai dengan harga di bawah Rp750 Juta di sini.

Foto: Ehow

Isnaini Khoirunnisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini