Sukses


Bingung Cara Bersihkan Setrika? Ini Cara Mudahnya!

Tanpa disadari, setelah digunakan terus menerus setrika akan menjadi kotor dan mengalami kalsifikasi (proses mengeras menjadi kapur).

Liputan6.com, Jakarta Serupa dengan peralatan elektronik rumah tangga lainnya, setrika juga membutuhkan perawatan berkala.

Salah satu perawatan setrika ialah dengan dibersihkan. Tanpa disadari, setelah digunakan terus menerus setrika akan menjadi kotor dan mengalami kalsifikasi (proses mengeras menjadi kapur).

Dengan membersihkan setidaknya sebulan sekali, maka alat setrika Anda bisa lebih awet dan bekerja dengan lebih baik.

Dilansir dari Rumah.com, berikut ini cara membersihkan mesin setrika, khususnya untuk setrika uap.

Pertama-tama, siapkan dulu beberapa peralatan yang dibutuhkan. Seperti handuk bersih, baking soda, cuka putih, air bersih, cotton bud (pembersih telinga), sikat gigi, lap bersih, dan minyak esensial lemon (jika perlu).

Sebagai tips minyak esensial lemon akan sangat bermanfaat mengangkat noda yang membandel.

Jika permukaan setrika pernah bersentuhan dengan sesuatu yang lengket seperti plastik atau karet, tambahkan beberapa tetes minyak lemon ke sebuah lap bersih.

Minyak lemon berfungsi mengangkat partikel sisa yang menempel di permukaan plat setrika.

Jika setelah diseka masih ada partikel yang menempel, Anda bisa mengulang langkah ini beberapa kali sambil menyalakan setrika dengan setelan suhu hangat.

(Simak juga: Tips Agar Sapu Lebih Tahan Lama)

Langkah pertama, buat campuran satu sendok makan baking soda dan satu sendok makan air hangat ke dalam wadah mangkuk.

Kemudian, balurkan campuran pasta ini ke permukaan setrika menggunakan cotton bud. Setelah merata, angkat bersih baking soda menggunakan kain basah.

Langkah kedua, tuang beberapa tetes cuka ke dalam mangkuk kecil. Celupkan sikat gigi ke dalam cuka dan gosokkan ke permukaan plat setrika dan lubang uap secara perlahan.

Langkah ketiga, isi penuh setrika uap dengan air bersih dan nyalakan setrika ke suhu tertinggi.

Langkah keempat, letakkan setrika di atas handuk, gerakkan handuk ke depan dan ke belakang sembari menekan tombol steam (uap).

Ulangi langkah ini beberapa kali, sembari mengangkat setrika ke atas beberapa detik.

Langkah kelima, Matikan mesin setrika dan setelah dingin, dan seka dengan lap basah yang bersih. Mesin setrika Anda siap untuk digunakan kembali!

Tertarik mencari rumah baru? Simak puluhan pilihan rumah di bawah Rp200 Juta di sini.

Foto: Rumah.com/Getty Images

Isnaini Khoirunnisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini