Sukses


Yuk, Bikin Sendiri Kalender Unik untuk di Rumah

Anda tidak perlu membeli kalender atau menunggu pemberian dari perusahaan atau sekolah anak. Berkreasi sendiri dan manfaatkan benda di rumah

Liputan6.com, Jakarta Sudah memasuki bulan Januari namun Anda masih belum memiliki kalender tahun 2017 di rumah? Jangan khawatir, Anda bisa membuatnya sendiri.

Anda tidak perlu membeli kalender atau menunggu pemberian dari perusahaan atau sekolah anak. Berkreasi sendiri dan manfaatkan ruangan di rumah Anda justru bisa membuatnya menjadi unik.

Simak beberapa cara menarik berikut dalam membuat kalender di rumah, seperti dikutip dari Rumah.com.

Manfaatkan Dinding Kosong

Jika Anda memiliki sebuah dinding kosong di dalam rumah, Anda bisa membuatnya menjadi sebuah kalender.

Buatlah sebuah pola kotak-kotak menyerupai jadwal harian yang biasa terdapat di dalam kalender dengan menggunakan stiker papan tulis.

Anda bisa menuliskan nama hari dan tanggal menggunakan kapur sehingga ketika bulan baru datang akan mudah untuk menghapus dan mengganti susunan tanggal. Kalender yang ekstra besar ini juga akan mempermudah anak Anda ikut menuliskan jika ada jadwal penting di sekolah.

Membuat dari Bingkai Foto

Apakah ada bingkai foto besar yang tidak terpakai di rumah? Atau Anda bisa membelinya di rumah yang mengadakan garage sale terdekat.

Cat kaca bingkai menggunakan cat dengan bahan papan tulis. Buat pola kotak, nama hari dan tanggal dengan menggunakan kapur.

Gantungkan bingkai di tempat strategis dan tidak terlalu tinggi agar semua anggota keluarga bisa melihat dan juga ikut mencatat jadwal.

(Simak juga: Tips Merancang Kamar Tidur yang Instagrammable)

Gunakan papan buletin

Cara lain dalam membuat kalender di rumah adalah dengan menggunakan papan buletin dengan ukuran yang cukup besar.

Anda bisa membuat pola kotak dan menuliskan hari dengan menggunakan spidol warna perak. Untuk tanggal, cetak angka 1-31 dengan ukuran yang sama kemudian laminating.

Tempelkan tanggal menggunakan push-pin dan untuk bulan berikutnya Anda cukup melepas tusukan tersebut kemudian memindahkannya.

Beberapa manfaat lain dalam menggunakan papan buletin adalah Anda bisa menempelkan catatan atau info lain di kalender tersebut dengan mudah.

Cetak Foto Instagram Anda

Sayang bukan bila foto-foto terbaik hasil jepretan Anda hanya tersimpan di dalam aplikasi instagram? Anda bisa membuat kalender dari hasil cetakan foto instagram.

Pilih foto yang akan dicetak sebanyak 12 buah (sesuai banyaknya bulan) foto tersebut bisa berisikan gambar saat-saat terbaik bersama keluarga atau binatang peliharaan kesayangan.

Buat sebidang papan dengan ukuran kotak dan tambahkan gantungan. Gunting angka – angka untuk menunjukkan tanggal, jika sudah laminating foto dan angka agar awet dan beri lubang agar bisa digantung di kalender tersebut.

Ambil Desain Kalender dari Internet

Beberapa situs menawarkan desain kalender gratis sehingga Anda bisa mencetaknya sendiri di rumah.

Sebelum mencetak, perhatikan terlebih dahulu ukuran kalender tersebut dan gunakan kertas yang sedikit lebih tebal dari kertas biasa. Pastikan desain yang diberikan memang gratis oleh pembuatnya.

Dengan banyaknya ide-ide kreatif yang bisa ditemukan di banyak media, sekarang Anda bisa membuat sendiri dekorasi rumah. Tertarik mencari rumah baru? Simak puluhan pilihan rumah baru di bawah Rp300 Jutaan di sini.

Foto: Rumah.com/Getty Images

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.