Sukses


4 Pilihan Dekorasi Rumah untuk Ramaikan Tahun Baru Cina

Di Tiongkok sendiri, adat dan tradisi wilayah yang dilakukan sangatlah beragam.

Liputan6.com, Jakarta Perayaan tahun baru Imlek merupakan perayaan terpenting bagi masyarakat Tionghoa. Di Tiongkok sendiri, adat dan tradisi wilayah yang dilakukan sangatlah beragam.

Namun ada juga tradisi yang umum dilakukan seperti perjamuan makan malam di malam Tahun Baru dan menyalakan kembang api.

Hari Raya Imlek juga menjadi ajang pertemuan seluruh anggota keluarga sekali dalam setahun, perayaan ini digunakan setiap anggota keluarga dan tetangga untuk saling bertemu, bercengkrama dan juga berdoa dalam memulai lembaran baru (sering diiukuti dengan pemakaian pakaian baru).

Apabila Anda berencana untuk mendekorasi rumah untuk perayaan tahun baru Cina, simak ornamen apa saja yang biasa digunakan untuk mendekorasi, seperti dilansir Rumah.com berikut ini.

Lampion Warna Merah

Lampion berwarna merah di perayaan tahun baru Cina sering digantungkan di pohon, di jalanan, gedung perkantoran dan di pintu rumah.

Menggantungkan lampion merah di depan pintu, di percaya dapat menangkal hal-hal yang buruk. Untuk lampion yang sudah jadi, Anda bisa membelinya di toko atau Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Untaian Kata Permintaan Tahun Baru

Tahun Baru Cina 2

Menulis untaian kata-kata dalam bahasa Cina kemudian digantungkan di pintu-pintu. Biasanya tulisan tersebut berisikan kata-kata harapan atau permintaan agar di tahun mendatang semuanya menjadi lebih baik.

Ada juga yang menuliskan angka-angka yang dianggap memiliki keberuntungan. Kata-kata ini ditulis dalam kaligrafi Cina di atas kertas merah.

Hiasan Guntingan Kertas

Tahun Baru Cina 3

Membuat hiasan kertas dengan cara menggunting dan direkatkan di atas kertas berwarna kontras yaitu putih atau transparan seperti di jendela.

Guntingan kertas berwarna merah ini biasa di tempelkan di pintu atau kaca. Bentuk yang biasa digunting adalah hewan dan tanaman yang menggambarkan keberuntungan seperti buah peach, delima, bebek, dan lain-lain.

Karakter Fu Yang Digantung Terbalik

Lucky sheet (Chinese New Year)

Sama halnya seperti untaian kata-kata harapan tahun baru yang dituliskan di atas kertas merah, tulisan karakter Fu yang diartikan sebagai peruntungan baik dituliskan di atas kertas berwarna merah.

Tulisan ini digantungkan di rumah dengan cara terbalik, memiliki maksud agar peruntungan baik bisa melimpahkan pemilik rumah.

(Simak juga: 4 Ide Seru Dekorasi Rumah)

Pohon Jeruk Kumquat

Tahun Baru Cina 4

Memiliki pohon jeruk Kumquat di rumah melambangkan sebuah kesejahteraan dan peruntungan yang baik.

Pohon ini sering ditanam di saat liburan tahun baru Cina, terutama di daerah Hong Kong, Macau, Guangdong dan Guangxi.

Bunga-bunga Bermekaran

Tahun Baru Cina sering disebut sebagai musimnya bunga bermekaran, sehingga banyak orang yang mendekorasi rumah menggunakan bunga segar ketika merayakannya.

Beberapa bunga yang sering digunakan antara lain bunga anggrek, bunga plum dan bunga peony. Tidak hanya bunga tetapi beberapa tanaman juga sering digunakan untuk mendekorasi rumah.

Menyambut Tahun Baru China, sejumlah perumahan menawarkan beragam bonus atau potongan harga. Tertarik mencari rumah baru? Temukan puluhan pilihan rumah di bawah Rp750 Juta di sini.

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini