Sukses


Tips Dapatkan Referral untuk Agen Properti Baru

Profesi agen properti cukup menjanjikan. Secara kasar, Anda bisa membayangkan komisi sekitar 1 persen dari rumah seharga Rp1 Miliar.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang mulai terbuka mempercayakan tugas transaksi jual beli rumahnya kepada agen properti. Profesi ini semakin populer dan membuka peluang bisnis yang menjanjikan.

Profesi agen properti cukup menjanjikan. Secara kasar, Anda bisa membayangkan komisi sekitar 1 persen dari rumah seharga Rp1 Miliar (harga rata-rata rumah di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan lainnya), yaitu Rp10 Juta. Bayangkan bila Anda bisa menjual tiga rumah dalam dua bulan, misalnya.

Namun, sebagai broker baru, tidak mudah meyakinkan klien agar memilih Anda sebagai partner kepercayaan. Klien harus yakin bahwa dokumen berharga dan data pribadi yang diserahkan dapat di jaga kerahasiaannya oleh si broker.

Sebagai tanda bukti bahwa Anda merupakan agen yang berkualitas, Anda wajib memiliki sejumlah referensi yang bagus. Referensi ini bisa di dapat dari klien yang pernah di ajak bekerjasama atau dari manajer tempat Anda bekerja di sebuah perusahaan.

Dengan memiliki banyak referensi, maka Anda bisa memperluas jaringan usaha berdasarkan rekomendasi mulut ke mulut yang sangat efektif.

Nah, jika Anda ingin meminta referensi dari beberapa professional atau klien lama Anda, berikut ini ada beberapa langkah mudah untuk mendapatkannya.

Ajukan secara langsung

Jika Anda tidak punya hubungan yang akrab dengan si calon pemberi referensi, Anda mungkin perlu melakukan pendekatan ulang sebelum memintanya sebagai referral.

Akan tetapi, jangan berbelit-belit dan katakan secara langsung. Ini akan lebih mudah diucapkan jika Anda baru saja menjalin komunikasi dengan mereka. Jangan sungkan, karena umumnya hanya 50 persen salesperson yang berani meminta referensi dari kliennya.

Teknik yang benar

Salah satu kesalahan yang menyebabkan referensi tidak efektif ialah karena Anda salah memintanya. Banyak agen langsung memberikan kartu nama kepada kenalannya dan berharap orang itu akan menyebarkan kartu itu kepada orang-orang terdekatnya.

Biasanya, orang yang dititipi kartu nama hanya mengiyakan permintaan Anda sebagai tanda basa-basi.

Jika ingin lebih efektif, ajak mereka terlibat kerjasama dalam bisnis Anda. Sehingga jika berhasi lmemberi referensi, mereka bisa mendapat sebagian komisi dari keuntungan penjualan Anda.

Beri contoh spesifik

Tidak banyak orang yang paham cara memberi referensi kepada orang lain. Mereka juga jarang menyadari siapa target yang prospektif untuk diberikan referensi.

Dalam hal ini Anda punya kewajiban memberikan penjelasan yang tuntas. Mulai dari siapa orang-orang yang prospektif diberikan penawaran, jasa seperti apa yang Anda tawarkan, dan terakhir tentunya kapabilitas dan kualitas Anda sebagai seorang broker.

Tunjukkan integritas

Anda tidak mungkin mendapat referensi positif tanpa bukti yang mendasar. Untuk itu ketika bekerjasama dengan klien, pastikan Anda memberikan servis jasa yang memuaskan.

Sehingga mereka tidak merasa keberatan dan dengan senang hati merekomendasikan Anda.

Sedangkan untuk referral yang belum mengetahui kualitas kerja Anda, berikan mereka penjelasan. Tanpa terdengar arogan atau sombong, Anda perlu menunjukan kemampuan dan prestasi yang pernah dicapai.

Jalin hubungan yang positif dengan introducer atau pemberi referensi agar mereka lebih termotivasi untuk memperkenalkan anda dengan relasi mereka yang lain.

(Simak juga: Aplikasi yang Wajib Ada di Smartphone Agen Properti)

Mintalah untuk diperkenalkan

Mintalah relasi yang Anda kenal untuk memperkenalkan Anda dengan koneksi mereka, kontak industri, atau orang dalam department tertentu.

Sekedar nama dan nomor telepon bukan referensi yang baik. Mintalah untuk diperkenalkan kepada prospek melalui surat pengantar, telepon, atau pertemuan makan siang.

Pastikan saat Anda meminta perkenalan, hal itu juga akan menguntungkan pihak introducer dan Anda juga harus menyadari seberapa kuat hubungan antara kedua belah pihak.

Biasanya penghasil referensi punya cara efektif untuk menghasilkan sejumlah besar referensi berkualitas tinggi dari setiap klien dan bahkan prospek mereka.

Rumah.Com memiliki ratusan listing rumah baru. Tertarik untuk menjadi agennya? Temukan ratusan pilihannya di sini.

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Isnaini Khoirunnisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.