Sukses


Yuk, Bikin Rumah Nyaman untuk Penderita Asma!

Pencegahan asma terbaik berasal dari lingkungan sekitar, terutama rumah. Bila ada anggota keluarga yang memiliki penyakit asma, ini tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Asma memang tak bisa dianggap sepele. Mengingat penyakit ini belum ada obatnya—selama ini pemeriksaan bertujuan untuk mencegah dan mengurangi kekambuhannya.

Pencegahan asma terbaik berasal dari lingkungan sekitar, terutama rumah. Bila ada anggota keluarga yang memiliki penyakit asma, hal inilah yang harus dilakukan di rumah agar penyakitnya tak sering kambuh.

Pastikan rumah bebas lembap

Tak hanya cuaca dingin yang dapat memicu asma, kondisi udara yang panas, lembap, dan sedikitnya oksigen di sekitar Anda pun akan menimbulkan gangguan asma. Sehingga akan lebih baik jika sirkulasi udara di dalam rumah tetap lancar.

Gunakan AC saat cuaca sangat panas, dan tutup jendela saat angin bertiup sangat kencang untuk menghindari masuknya debu dan serbuk sari ke dalam rumah.

Jika memang lokasi rumah Anda daerahnya lembap, konsultasikan dengan dokter untuk menggunakan dehumidifier atau alat pengatur kelembapan.

Tambahkan tanaman hijau

Bunga memang indah, namun seruk sari bunga berisiko memicu gejala asma. Agar halaman tetap cantik sekaligus menyegarkan rumah, tanamlah tanaman hijau atau tanaman yang hanya berupa daun. Beberapa tanaman bahkan menyumbang oksigen lebih besar untuk rumah Anda.

Kurangi paparan debu

Debu merupakan pemicu asma paling mudah. Untuk itu selalu ganti filter AC, karena biasanya AC yang jarang dibersihkan justru penyumbang debu terbesar di rumah Anda.

Lalu, ganti seluruh barang yang berbahan kain di rumah Anda secara rutin, misalnya ganti seprai setiap dua minggu, cuci tirai setiap bulan, vacuum karpet setiap pekan, dan cucilah boneka dan banta setiap bulan. Serta gunakan masker dan sarung tangan saat membersihkan dan menyedot debu.

(Simak juga: Sudah Sehatkah Cara Duduk Anda?)

Batasi hewan peliharaan

Sebenarnya, sih, penderita asma tidak disarankan memelihara hewan. Namun, jika Anda atau anggota keluarga lainnya termasuk susah berpisah dari hewan, pastikan hewan tidak masuk ke dalam kamar Anda.

Hewan pun sebaiknya tidak menaiki furnitur rumah, dan mandikan hewan secara teratur, misalnya setiap 1-2 minggu.

Singkirkan kecoa

Pasalnya, kecoa menghasilkan zat yang menimbulkan reaksi alergi. Untuk itu, jangan biarkan makanan dalam keadaan terbuka saat berada di meja agar tidak mengundang kecoa.

Lalu, segera bersihkan area yang lembap dan pernah Anda lihat ada kecoa sebelumnya, serta selalu bersihkan peralatan makan setelah menggunakannya.

Hindari jamur

Jamur dapat menimbulkan aroma tak sedap yang berisiko menyebabkan mengi pada anak. Jika memang ada barang-barang rumah tangga yang sudah berjamur dan susah untuk dibersihkan, sebaiknya Anda segera menyingkirkannya.

Selain itu, biasakan menyiram tanaman sesuai porsinya agar tanahnya tak menjadi lembap dan berjamur.

Rumah yang berada di pinggiran kota biasanya memiliki lingkungan yang lebih asri dengan udara yang bersih, seperti perumahan-perumahan baru di Jawa Tengah. Tertarik mencari rumah di Jawa Tengah dengan lingkungan yang masih asri? Temukan puluhan pilihannya di sini.

Foto: Rumah.com/Getty Images

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.