Sukses


Panduan Berburu Furnitur Antik untuk di Rumah

Furnitur kayu antik biasanya agak berat, dan kayunya terasa tebal saat Anda ketuk.

Liputan6.com, Jakarta Ada kalanya Anda ingin menghias rumah dengan furnitur yang antik. Tak hanya memberikan kesan eksotis, furnitur antik juga menunjukkan kesan berkelas, elegan, sekaligus mengenang masa lalu.

Jika Anda memang ingin menambah koleksi furnitur dengan barang yang boleh dibilang jadul, dinukil dari Rumah.com, inilah trik yang harus dijalankan.

Jangan tergiur harga murah

Kecuali jika memang Anda membelinya dari garage sale dan Anda juga sudah mengenal penjualnya, Anda juga harus waspada jika ternyata kondisinya sudah rusak atau bahkan bukan barang antik.

Cek kualitasnya, dan jika perlu cek pula penjual barangnya. Pasalnya tak semua penjual mebel menjual barang antik, jadi sebaiknya Anda pun melakukan konsultasi dengan orang lain yang lebih berpengalaman dalam mengoleksi.

(Simak juga: Tips Jual Furnitur Bekas Layak Pakai)

Perhatikan kualitas kayunya

Furnitur antik cenderung terbuat dari kayu berkualitas, bukan kayu tripleks. Jadi, perhatikan bentuk dan berat barangnya. Furnitur kayu antik biasanya agak berat, dan kayunya terasa tebal saat Anda ketuk.

Cek fungsinya

Untuk apa Anda membeli furnitur antik jika nantinya tidak dapat digunakan sama sekali? Anda mungkin beranggapan nantinya akan digunakan sebagai pajangan saja.

Tapi, tanpa perawatan yang rutin—dan Anda sendiri mungkin tak punya waktu setiap saat untuk membersihkannya—furnitur antik hanya menjadi sarang debu.

Jadi, selalu cek kondisi furnitur, misalnya perhatikan gagang pintu untuk lemari dan laci, pastikan memang masih dapat dibuka dan ditutup.

Sesuaikan ukurannya

Furnitur kayu yang berasal dari kayu asli, bentuknya menarik dan elegan tentunya akan mahal harganya. Selain itu, furnitur kayu seperti ini cenderung berukuran besar.

Bila Anda memang ingin memilikinya, pastikan Anda memiliki tempat kosong di rumah untuk meletakkan furnitur tersebut. Jangan sampai nantinya hanya membuat rumah menjadi sempit.

Memilih perabotan rumah yang lebih mungil dan sesuai ukuran justru akan memudahkan Anda dalam mengatur posisinya, selain itu harganya juga lebih pas di kantung Anda, kan.

Temukan puluhan pilihan rumah dengan tiga kamar tidur di bawah Rp1 Miliar di sini.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini