Sukses


Panduan Menerapkan Warna Kuning yang Benar di Rumah

Apa saja sebenarnya kekuatan dari warna kuning? Bagaimana mengaplikasikannya di dalam rumah Anda? Simak informasinya.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda jika warna ternyata dapat memberikan dampak terhadap suasana ruangan dan juga kehidupan? Hal ini karena warna dapat berpengaruh langsung terhadap kondisi emosional kita.

Salah satu warna yang kuat adalah warna kuning. Warna ini menggambarkan suasana yang ceria dan optimis seperti layaknya matahari. Kuning menggambarkan rasa bahagia, tidak hanya itu, warna kuning juga dapat merubah suasana rumah menjadi positif dan ceria.

Simak juga: Tips Membuat Rumah Lebih Berwarna Tanpa Cat

Warna kuning sendiri di dalam cat dinding memiliki berbagai varian diantaranya: Amber, Saffron, Flax, Citrine, Lemon, Jasmine dan Goldenrod. Simak informasi dari Rumah.com tentang apa saja sebenarnya kekuatan dari warna ini dan bagaimana mengaplikasikannya di dalam rumah Anda.

1. Ruang Keluarga

Ruang keluarga dan ruang tamu adalah tempat yang biasa digunakan untuk menyambut teman dan keluarga yang berkunjung ke rumah. Ruangan ini membutuhkan kesan pertama yang hangat serta terbuka dalam menyambut para tamu.

Mengaplikasikan warna kuning di ruangan ini adalah pilihan yang sesuai karena dapat memberikan perasaan yang positif.

2. Dapur

Warna kuning dapat menstimulasi indera perasa. Bila mengaplikasikan warna ini di dapur akan membuat sensitivitas indera perasa Anda menjadi lebih baik dalam menyiapkan makanan.

Hal ini akan semakin baik lagi jika dapur Anda memiliki jendela yang dapat membuat sinar matahari masuk ke dalam dapur karena dapat merefleksikan warna kuning yang kuat.

*Untuk mengetahui daftar perumahan baru dengan informasi detail dan ulasan yang mendalam klik di sini.

3. Kamar Mandi

Ruangan ini sebenarnya membutuhkan banyak privasi, bertolak belakang warna kuning yang selalu memberikan kesan keterbukaan.

Jika Anda memutuskan untuk tetap mendekorasi kamar mandi dengan warna kuning, tambahkan elemen lain yang berdekatan dengan unsur bumi seperti warna coklat keemasan di bagian dinding atau gunakan tirai dengan warna krem yang sedikit pucat.

4. Kamar Tidur

Hampir sama dengan kamar mandi, kamar tidur yang berfungsi sebagai tempat beristirahat juga merupakan ruangan yang membutuhkan privasi. Oleh karena itu, aplikasikan warna kuning hanya sebagai aksen seperti membuat garis kuning di tengah-tengah dinding.

Aksen ini diberikan hanya untuk membuat kamar tidur menjadi sedikit lebih cerah.

5. Lantai Ruangan

Warna kuning memang memberikan kesan yang hangat dan ceria dan Anda dapat menggunakannya pada lantai rumah. Pilih tegel dengan warna kuning keemasan, atau warna jingga di dalam kamar mandi, dapur dan juga lorong pintu masuk.

Beberapa lantai kayu juga memiliki pilihan warna kuning kecoklatan yang cocok digunakan di dalam rumah. Namun, harus diingat bahwa pengaplikasian warna kuning di rumah membutuhkan keseimbangan karena jika digunakan terlalu banyak akan membuat orang yang melihatnya jadi sedikit terganggu.

Penggunaan warna kuning juga harus disesuaikan dengan kepribadian si pemilik rumah.

 

Foto: Pexels

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini