Sukses


5 Pilihan Tanaman Gantung untuk Rumah Mungil

Tanaman gantung menjadi solusi penghijauan untuk rumah yang tak terlalu luas.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda tinggal di rumah mungil, biasanya ada keterbatasan lahan untuk halaman. Bahkan tak jarang halaman belakang digunakan sebagai ruangan tambahan untuk dapur, ruang makan, hingga kamar.

Akibatnya keinginan Anda membuat lahan terbuka hijau yang besar hanya ada dalam impian. Sebagai gantinya, Anda menggunakan tanaman gantung untuk mempercantik teras dan halaman rumah Anda.

Tanaman gantung memang tak kalah cantik. Rumah.com membeberkan pilihan tanaman yang bisa memperindah rumah Anda. 

Petunia

Tanaman dari Amerika Selatan ini membutuhkan sinar matahari agar bunganya selalu rimbun. Warna bunganya pun sangat memanjakan mata, yaitu oranye, merah, bahkan ungu.

Petunia termasuk tanaman yang mudah untuk dirawat, selama ia mendapatkan banyak sinar matahari dan tanahnya cukup lembap, petunia akan tumbuh dengan subur.

Begonia

Tanaman ini sebenarnya akan lebih subur jika berada di area yang sejuk, pasalnya begonia memang berasal dari negara subtropis. Namun, asalkan tidak langsung terpapar sinar matahari yang sangat panas, begonia akan tumbuh dengan subur dan terus berbunga.

Siram atau semprotkan air dingin pada begonia setiap pagi dan sore untuk membuatnya tetap sejuk.

Little diamond

tanaman gantung-little diamond ivy

Tanaman ini dikenal juga dengan nama english ivy atau hedera helix. Tanaman ini memang tidak memiliki bunga tapi daunnya saja indah. Pinggiran daun berwarna putih dan bagian tengahnya hijau muda. Tanaman ini juga membutuhkan sinar matahari.

Tak ada salahnya membiarkan tanaman ini terpapar sinar matahari yang agak terik. Tanpa adanya panas, warna daunnya akan berubah menjadi hijau tua tanpa ada garis putih di pinggirnya.

Bunga aster

tanaman gantung-aster

Daisy atau aster bisa digunakan sebagai tanaman gantung. Enaknya, bunga ini sangat beragam warnanya dan tahan lama mekarnya.

Bunga aster juga membutuhkan udara yang agak sejuk, sehingga Anda harus rutin memeriksa kondisi tanahnya, pastikan tidak kering dan cukup lembap.

(Simak juga: Tips Menata Sendiri Taman Rumah)

Geranium

tanaman gantung-geranium

Aroma bunga geranium atau tapak dara memang kurang enak tapi bunganya cantik, beragam warnanya, dan sangat rutin berbunga.

Geranium juga mudah disilangkan untuk menghasilkan warna baru serta cenderung menarik perhatian kupu-kupu. Selama Anda rutin menyiramnya, geranium akan tumbuh subur.

Tanaman gantung juga menjadi solusi bagi Anda yang tinggal di apartemen namun tetap ingin memelihara tanaman hias. Sedang mencari apartemen? Lihat ragam pilihan apartemen di seluruh Indonesia dengan harga di bawah Rp300 Juta di sini.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.