Sukses


Langkah Jitu Bersihkan Tumpahan Oli di Garasi

Liputan6.com, Jakarta Lantai garasi rumah sering kali kotor dengan tumpahan minyak atau oli dari mobil yang terparkir. Apalagi jika lantai garasi rumah Anda tidak menggunakan keramik, melainkan permukaan yang kasar seperti beton, semen, atau batu.

Segera bersihkan tumpahan oli tersebut, karena jika terlalu lama dibiarkan oli akan menyerap ke lantai dan semakin sulit dibersihkan. Dikutip dari Rumah.com, berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membersihkan lantai garasi dari tumpahan oli.

Langkah 1: Serap dengan Pasir

Sebelum dibersihkan, Anda harus menyerap tumpahan oli. Caranya, tutup seluruh permukan tumpahan oli dengan pasir, lalu tekan-tekan dengan sikat, dan biarkan selama 24 jam.

Selain pasir, Anda juga bisa menggunakan bedak tabur, tanah diatom, abu, atau tanah lempung. Jika Anda kesulitan menemukan bahan-bahan tersebut, Anda bisa menggunakan tisu untuk menyerap.

Gunakan beberapa helai tisu, tutup permukaan oli, lalu tekan-tekan agar oli menyerap. Ingat jangan dilap untuk mencegah noda melebar, cukup ditekan-tekan. Setelah 24 jam buang pasir dengan cara disapu.

Langkah 2: Tambahkan sabun cair

Setelah pasir disingkirkan, tuangkan sabun cuci cair (boleh sabun cuci piring) ke atas noda tumpahan oli. Ratakan dengan tangan agar noda tertutup semua. Anda juga bisa menggunakan degreaser atau penghilang gemuk mesin untuk mengganti sabun. Benda tersebut bisa Anda temukan di departemen store peralatan rumah tangga atau bangunan.

Langkah 3: Campur dengan air panas

Tuangkan air panas secara perlahan ke atas permukaan noda yang telah diberi sabun. Ratakan kembali hingga sabun menutup seluruh bagian noda.

Langkah 4: Gosok permukaan

Gosok seluruh permukaan noda menggunakan sikat yang kaku hingga mengeluarkan banyak busa. Hindari menggunakan sikat kawat karenan akan merusak permukaan beton, semen, atau batu. Gosok selama 15-20 menit sampai Anda merasa noda sudah benar-benar tersikat seluruhnya.

(Simak juga: Beda Kain Lap, Beda Fungsinya)

Langkah 5: Serap air sabun

Setelah Anda sikat, biarkan sekitar 10 menit agar air sabun maksimal mengangkat oli. Jika noda oli sangat banyak, biarkan sekitar 60 menit. Setelah 10 menit serap air sabun menggunakan pasir, tisu, atau sponge dengan cara menekan-nekan.

Jika busa terlalu tebal dan sulit diserap, tambahkan sedikit air hangat agar encer. Setelah air sabun terserap seluruhnya, bilas atau siram permukaan dengan air biasa.

Langkah 6: Ulangi 2-3 kali

Noda oli cukup sulit dihilangkan. Apalagi pada permukaan lantai beton, semen, atau batu. Karena itu pembersihan tumpahan oli sebaiknya dilakukan 2-3 kali oli tidak meninggalkan bekas.

Mau cari hunian di Tangerang Selatan dengan harga di bawah Rp750 Juta? Lihat pilihannya di sini.

Foto: Rumah.com/Getty Images

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.