Sukses


Inspirasi Dekorasi Dinding dari Kertas

Inilah kreasi yang bikin tampilan dinding rumah jadi terlihat cantik untuk dijadikan background foto. Simak caranya.

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini dekorasi dinding dari kertas tiga dimensi menjadi populer di sosial media. Umumnya mereka memanfaatkan kreasi murah meriah ini pada momen spesial seperti pertunangan atau kelulusan pendidikan. Dan kreasi ini bikin tampilan dinding rumah jadi terlihat cantik untuk dijadikan background berfoto.

Tapi Anda tak harus menunggu momen spesial untuk menghias rumah dengan kertas tiga dimensi ini. Karena dengan beberapa alat sederhana, ternyata tidak sulit membuat kerajinan tangan seperti ini. Dan bahan-bahan yang perlu disiapkan pun hanya kertas karton, gunting, dan lem.

Simak juga: Mau Punya Dekorasi Kamar yang ‘Instagram-able’? Bisa Kok!

Untuk itu simak beberapa cara sederhana untuk membuat hiasan dinding dari kertas yang diadopsi dari Rumah.com berikut ini.

1. Bunga Tempel

Langkah-langkah membuat bunga tempel tiga dimensi.

Bentuk bunga kertas merupakan salah satu favorit untuk dekorasi dinding ruangan. Model dan ukurannya juga beragam, bisa disesuaikan selera. Cara membuatnya, pertama-tama pilih pola kelopak bunga yang diinginkan, potong dengan ukuran yang berbeda, dan tempelkan menumpuk dari kelopak paling besar ke yang terkecil.

Untuk hasil akhir kelopak bunga yang kokoh, pilih kertas karton yang cukup tebal. Pastikan gunting Anda cukup tajam agar ujung tepi kelopak bunga nampak rapi dan berukuran simetris.

Jika ingin menghasilkan gradasi warna, Anda bisa menumpuk karton dengan dua tingkat warna atau lakukan pewarnaan ombre dengan menggunakan cat semprot. Sementara untuk kesan finishing yang bagus, Anda pilih karton bertekstur matte atau glossy.

2. Bunga Gantung

Setelah terkumpul beberapa buah bunga, sematkan pada batang daun yang menjulur panjang. Bunga kertas merambat ini siap di gantung pada dinding!

Selain ditempel, bunga kertas tiga dimensi ini juga bisa dibentuk menyerupai tanaman merambat. Cara pembuatannya juga hampir mirip dengan bunga tempel. Pertama-tama gunting karton sesuai pola kelopak bunga yang diinginkan.

*Untuk mengetahui daftar perumahan baru dengan informasi detail dan ulasan yang mendalam klik di sini.

Kemudian buat kesan tiga dimensi dengan cara sedikit menekuk dan beri lem tembak untuk mempertahankan bentuknya. Setelah terkumpul beberapa buah bunga, sematkan pada batang daun yang menjulur panjang. Bunga kertas merambat ini siap di gantung pada dinding!

3. Bentuk Kupu-Kupu dan Hati

Siapkan potongan pola yang cukup banyak agar hiasan kertas ini terkesan menyebar. Jika tak ingin terlalu ramai, cukup pilih satu warna yang ingin ditonjolkan.

Selain bentuk bunga, karakter lain juga bisa Anda hadirkan untuk menghias ruangan. Misalnya bentuk kupu-kupu dan hati. Dengan pola yang sangat sederhana, Anda tinggal memotong kertas karton sesuai ukuran yang diinginkan dan tempelkan langsung pada dinding.

Siapkan potongan pola yang cukup banyak agar hiasan kertas ini terkesan menyebar. Jika tak ingin terlalu ramai, cukup pilih satu warna yang ingin ditonjolkan.

4. Dinding Geometri

Permainan kombinasi warna dan pola yang kreatif bisa menghasilkan karya seni yang mewah pada dinding rumah Anda.

Untuk Anda yang tidak menyukai tempelan dinding yang ramai, bentuk geometri seperti contoh di atas bisa menjadi alternatif. Cara pembuatannya ialah dengan melipat karton membentuk segitiga tiga dimensi.

Setelah terkumpul beberapa buah, Anda siap membentuk pola yang diinginkan. Permainan kombinasi warna dan pola yang kreatif bisa menghasilkan karya seni yang mewah pada dinding rumah Anda.

 

Foto: Pinterest, Pexels

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini