Sukses


Panduan Tepat Aplikasikan Warna Hitam di Rumah

Dengan siasat yang tepat, warna hitam justru bisa menjadikan rumah berkesan elegan, mewah, dan menghadirkan karakter kuat pada properti.

Liputan6.com, Jakarta RumahCom – Warna hitam identik dengan kesan menakutkan, maskulin, gothic, misteri dan berenergi negatif, sehingga banyak orang menghindari mendekorasi rumahnya dengan warna hitam.

Hal itu tak sepenuhnya benar. Warna hitam justru bisa menjadikan rumah berkesan elegan, mewah, dan menghadirkan karakter kuat pada properti jika kita bisa menyiasatinya dengan benar.

Tak perlu takut menerapkan warna hitam pada ruang di rumah Anda. Jika ingin mencoba, ikuti beberapa tips dari Rumah.com berikut.

Terapkan bertahap

Mata Anda tentu belum terbiasa memandang warna hitam pada sebuah ruang. Karena itu, jika ingin merenovasi ruang dengan warna hitam, ada baiknya lakukan secara bertahap.

Misalnya mengecat satu bagian dinding pada bulan ini, dan satu bagian dinding lainnya di bulan berikutnya. Taruh cermin, aksesori dengan permukaan mengilap, atau aksesori berwarna pucat untuk melengkapi ruang.

Gunakan warna hitam dove

Cat dove/matte akan lebih bagus diterapkan pada dinding ruang. Ini akan menolong jika dinding Anda memiliki acian yang tidak rata. Selain itu cat hitam dove akan lebih ramah di mata saat memandang karena terkesan lebih lembut.

Atur pencahayaan

Seperti kita ketahui, warna hitam memberi kesan gelap dan bisa menyerap cahaya. Karena itu, Anda wajib memperhatikan pencahayaan pada ruang.

Sebaiknya terapkan warna hitam pada ruang yang banyak terkena pantulan cahaya alami. Atau, Anda bisa saja menerapkan warna hitam pada ruang tertutup, tetapi lengkapi menggunakan satu lampu terang atau beberapa lampu dengan terang cahaya lebih sedikit.

Terapkan warna gradasi

Jika ruang Anda terlalu besar dan memiliki langit-langit tinggi, sehingga terasa terlalu gelap jika di-block seluruhnya dengan warna hitam, siasati dengan warna gradasi/monochrome.

Anda bisa memadukan hitam dengan warna abu-abu tua, abu-abu muda, dan putih. Contoh, cat bagian bawah dinding dengan warna hitam, disusul abu-abu tua di atasnya, lalu abu-abu muda, dan putih untuk bagian plafon.

Kombinasi ini akan memberikan efek terang pada ruang dan plafon lebih menyala. Jika diterapkan pada ruangan yang kecil, kombinasi warna ini AKAN membuat ruangan lebih luas.

(Simak juga: Empat Tips Pilih Warna Cat Rumah)

Mainkan warna merah dan material kulit

Warna hitam akan memberikan karakter kuat jika diterapkan pada sebuah ruang. Padukan ruang hitam dengan furniture bermaterial kulit serta ornament berwarna merah seperti bantal, lampu, atau karpet. Ruang Anda akan terasa lebih berkarakter, mewah dan elegan.

Pemilihan warna interior akan lebih baik ditentukan pada saat rumah baru belum selesai dicat oleh pengembang. Ini untuk mengurangi biaya dan efisiensi waktu. Jika Anda sedang mencari rumah baru di bawah Rp650 Juta, lihat pilihannya di sini.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.