Sukses


Kondisi Rumah Seperti Ini yang Dijauhi Penjahat

Trik film Home Alone yang selalu membuat rumahnya seakan ramai bisa dicoba, misalnya dengan menyalakan lampu ruangan serta menyalakan musik.

Liputan6.com, Jakarta Belum hilang sepenuhnya dalam benak kita peristiwa perampokan dan pembunuhan sadis di Pulomas.

Rumah yang terlihat aman lengkap dengan CCTV pun tak menjamin tak dapat dibobol perampok. Agar peristiwa seperti itu—dan aksi kejahatan lainnya—tidak menimpa Anda, lakukan tips seperti dikutip dari Rumah.com ini pada rumah Anda.

Gembok yang mantap

Jangan pernah membiarkan pagar dalam kondisi terbuka atau tak terkunci—kecuali jika Anda yakin keamanan di sekitar rumah terjamin hingga 100 persen.

Bila rumah Anda langsung menghadap jalan umum, tak ada salahnya menggunakan pagar tinggi dengan celah yang rapat agar tak mudah dimasuki orang tak dikenal.

Gunakan pula gembok yang kokoh, karena perampok atau pencuri tak segan merusak gembok jika terlihat rapuh.

Halangi pemandangan di dalam rumah

Jangan membiarkan orang di luar rumah mudah melihat bagian dalam rumah Anda. Sebaiknya halangi pemandangan di bagian dalam, misalnya dengan menggunakan kaca film yang terlihat gelap dari luar, atau gunakan tirai tipis untuk menutupi jendela dan kaca rumah.

Semakin mudah pencuri melihat kondisi bagian dalam rumah, dia akan semakin mudah menemukan kelemahan di dalam rumah Anda.

(Simak juga: Inilah yang Dilihat Pencuri dari Rumah Anda)

Akrab dengan tetangga

Kondisi lingkungan rumah yang sepi, gelap, dan tak saling mengenal antartetangga akan menjadi sasaran empuk pelaku kejahatan. Pasalnya, tetangga tidak akan mengetahui apa yang terjadi pada rumah sebelahnya.

Untuk itu, biasakan untuk membina hubungan yang akrab antarlingkungan. Misalnya dengan mengadakan pertemuan setiap minggu lalu melakukan patroli keamanan. Melihat lingkungan yang akrab dan saling mengenal, pencuri akan berpikir ulang untuk mengintai area Anda.

Ada anjing penjaga

Bila rumah Anda cukup besar, memelihara anjing penjaga tentu tak ada salahnya. Anjing selalu dapat ‘mencium’ orang yang mencurigakan.

Mereka akan bersikap galak dan berusaha memberikan tanda jika mencurigai seseorang. Lagipula pelaku kejahatan biasanya akan menghindari rumah yang mempunyai anjing.

Nyalakan lampu di ruang tamu

Selain teras rumah serta sudut rumah lainnya yang harus dibiarkan terang, lampu di bagian dalam ruangan pun sebaiknya juga dibiarkan terang.

Jika hanya bagian luar yang terang sementara bagian dalamnya gelap, pelaku kejahatan akan menyadari bila rumah Anda kosong.

Trik film Home Alone yang selalu membuat rumahnya seakan ramai bisa dicoba, misalnya dengan menyalakan lampu ruangan serta menyalakan musik.

Tertarik dengan rumah cluster di bawah Rp500 Juta di Tangerang? Cari di sini.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini