Sukses


Empat Langkah Atasi Bau Tak Sedap di Sofa

Jika dibiarkan, bau apek akan semakin menempel, sulit dihilangkan dan mengganggu kenyamanan.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda sadari, bau apak sering menempel pada sofa di rumah. Bau apek bisa terjadi akibat tumpahan kotoran, pencucian sofa yang tak kering sempurna, bau dari hewan peliharaan, hingga keringat yang menempel.

Jika dibiarkan, bau apek akan semakin menempel dan sulit dihilangkan. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan Anda sebagai penghuni, belum lagi jika ada orang bertamu. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti, seperti dikutip dari Rumah.com.

Jemur sofa

Cara paling mudah untuk mnghilangkan bau adalah dengan mejemurnya di bawah sinar matahari langsung.

Jika disertai noda, Anda bisa mencuci bagian upholstery sofa dengan sabun mandi. Beberapa sofa memungkinkan Anda untuk melepas kain pelapisnya agar mudah dibersihkan.

Gunakan baking soda dan cuka

Baking soda ampuh menyerap bau. Anda bisa menaburkan baking soda pada permukan sofa. Biarkan beberapa jam lalu bersihkan dengan vacuum cleaner.

Selain baking soda Anda juga bisa menggunakan cuka. Larutkan cuka dengan segelas air, lalu semprotkan ke permukaan sofa. Setelah jemur sofa hingga kering. Bau cuka ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap.

(Simak juga: Cara mudah usir bau apek dari gudang)

Sabun bayi untuk sofa kulit

Jika Anda memiliki sofa berbahan kulit, jangan sembarang menjemurnya di bawah sinar matahari. Sofa dengan bahan kulit membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kualitas kulit agar tahan lama.

untuk menghilangkan bau apek, Anda bisa menggunakan sabun bayi atau sampo bayi. Caranya, tuang sabun/sampo bayi ke permukaan sofa, lalu campurkan dengan menuangkan air.

Setelahnya sikat menggunakan sikat berbulu halus agar kulit tidak mengelupas. Jika sudah, bilas dengan lap basah. Lalu keringkan dengan lap halus.

Sisipkan kayu atau akar wangi

Cara lain Anda bisa menyisipkan potongan kayu manis dan akar wangi di sela-sela. Ini merupakan pewangi alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau.

Bisa juga sebarkan beebrapa biji kopi. Wewangian alami ini bisa menghilangkan bau apak sekaligus membuat udara terasa segar.

Berminat pindah ke rumah baru? Cari ragam pilihan rumah minimalis dari Jabodetabek hingga Bali di sini.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.