Sukses

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Pindah ke Apartemen Sederhana

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan apartemen murah di kawasan Kalibata, atau apartemen sejenis lainnya di kawasan Pramuka? Apartemen ini kini banyak disewakan oleh pemiliknya.

Tak sedikit pula unit yang tersedia—biasanya ada salah satu pemilik yang memang menjualnya. Harga yang murah dan lokasi yang strategis tentunya menjadi pemikiran Anda saat ingin menyewanya. Namun, ada hal lainnya yang juga butuh pertimbangan Anda, seperti yang dilansir Rumah.com ini misalnya.

Lahan parkir terbatas

Ingat, namanya juga apartemen murah, targetnya adalah mereka yang berada di kalangan menengah bawah, jadi kepemilikan mobil bukan menjadi pertimbangan utama pengelola. Jangan heran jika lahan parkir menjadi rebutan.

Bila memang Anda memiliki kendaraan, sebaiknya pikirkan kembali kondisi apartemen yang minim parkiran. Anda bisa menggunakan penyewaan parkir lainnya selain apartemen.

Biaya maintenance

Bila memungkinkan, periksalah pertambahan biaya pemeliharaan dan kebersihan apartemen Anda. Kadang, pihak pengelola menaikkan biaya tersebut setiap tahun dengan jumlah kenaikan yang tinggi tanpa ada alasan yang jelas.

Tanyakah kepada beberapa penghuni sebelumnya, bagaimana pertambahan biaya pemeliharaan setiap tahun.

Ungsikan hewan peliharaan

Jangan harap Anda bisa memelihara hewan di dalam apartemen. Selain luas apartemen murah sangat sempit—sehingga tak memungkinkan membawa hewan ke dalamnya—adanya hewan juga akan mengganggu kenyamanan penghuni lainnya. Misalnya saja saat hewan tersebut mendadak lepas dan mampir ke kamar lainnya.

Pertimbangkan jumlah penghuni

Jangan dikira apartemen dua kamar akan besar. Luas apartemen dua kamar untuk apartemen murah ini tak lebih dari 30 meter persegi.

Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan jumlah penghuninya. Apartemen mungil akan lebih pas jika digunakan tak lebih dari 2-3 orang. Selebihnya, Anda akan merasa sangat sempit dan ruang geraknya terbatas.

Pilih yang fully furnished

Salah satu tidak nyamannya apartemen, Anda tidak bisa membawa barang yang ada di rumah Anda. Apartemen ini sangat mungil, sehingga akan lebih baik jika Anda menggunakan jasa desainer interior untuk menentukan furnitur di dalamnya.

Yap, masukkan dana furnitur di dalam dana kebutuhan apartemen Anda—kecuali jika Anda sudah menyewa dalam keadaan fully furnished.

Kurangnya sarana olahraga

Akibat padatnya apartemen, biasanya apartemen kurang memiliki area terbuka hijau. Jika ada, biasanya area ini ada di apartemen yang harganya mahal dan tidak bisa diakses penghuni lainnya.

Anda harus melangkah lebih jauh dari apartemen untuk mencapai fasilitas olahraga umum.

(Simak juga: Tiga Apartemen di Bawah Rp300 Jutaan di Tangerang)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua