Sukses

Trik Mudah Hadirkan Suasana Liburan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda sudah tak ingat kapan terakhir kali Anda liburan, tandanya Anda sudah sangat butuh rekreasi. Namun, jika pekerjaan membuat hal itu tak memungkinkan, Anda bisa menghadirkan suasana liburan di rumah.

Liburan atau rekreasi memang perlu untuk melonggarkan pikiran. Minimal, Anda harus bisa menghadirkan suasana liburan yang rileks di rumah sendiri. Seperti trik Rumah.com ini misalnya:

Selalu ada bunga segar

Bunga Kamboja segar langsung membawa Anda pada suasana Bali yang hangat.

Sebisa mungkin pastikan ada bunga segar di dalam rumah Anda, mulai dari ruang tamu, kamar tidur, dan ruang makan atau di sekitar jendela.

Pilih bunga tropis yang penuh warna atau bunga yang mengingatkan Anda akan suatu tempat yang nyaman untuk liburan. Misal, gunakan bunga kembang sepatu atau bunga kamboja putih karena mengingatkan Anda akan suasana Bali.

Makan di luar

Suasana ruang terbuka membawa Anda seolah menjauh dari rutinitas, meski letaknya hanya beberapa meter dari ruang makan Anda.

Menikmati sarapan atau makan siang di dalam ruangan akan terasa monoton dan tak beda dengan hari biasa. Buatlah ruang makan di area outdoor, misalnya mendirikan saung kecil sebagai lokasi makan.

Atau jika ingin lebih simpel, gelarlah tikar atau karpet di atas halaman Anda dan makanlah di atasnya layaknya piknik. Makan sambil menikmati udara segar akan menenangkan pikiran Anda.

Memelihara burung atau membuat kolam ikan

Tak ada yang lebih tenang daripada mendengar suara unggas di pagi hari.

Percaya, deh, mendengarkan kicauan burung—terutama jika ditambah suara air yang ada di kolam—akan membuat Anda merasa lebih rileks, bahkan memudahkan Anda untuk berkonsentrasi.

Memelihara burung kecil bersuara indah akan menimbulkan suasana baru di rumah Anda. Bahkan jika Anda memelihara ayam jantan pun, begitu mendengar suaranya di pagi hari, Anda akan merasa berada di pedesaan.

Pasang hammock

Buka jendela lebar-lebar, berbaringlah di hammock. Bayangkan Anda sedang berada di pinggir pantai.

Ada dua buah pohon besar di halaman rumah Anda? Gunakan saja dahannya untuk mengaitkan hammock.

Hammock ini berguna sebagai lokasi Anda bersantai sambil membaca buku, tidur-tiduran, atau sekadar memainkan gadget di luar rumah.

Gunakan alat makan alami

Back to nature! Tema liburan yang paling sering dipilih.

Seminggu sekali terapkan cara makan di alam, misalnya Anda tidak menggunakan piring melainkan menggunakan piring anyaman dan beralaskan daun pisang.

Lalu, sediakan air kelapa segar lengkap dengan batok kelapanya. Anda akan seperti liburan di pulau terpencil, kan.

Ada tanaman gantung

Keberadaan tanaman gantung membuat suasana rumah lebih segar.

Menggunakan teras sebagai lokasi meletakkan tanaman gantung akan mengingatkan Anda pada rumah orangtua. Yap, masih ingat, kan, di era dulu, rumah tua cenderung menambahkan tanaman gantung di bagian depan.

(Simak juga: Kerennya Rumah Duo DJ Kondang The Chainsmokers)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Trik Asyik Menata Kamar untuk Pasangan Baru
Artikel Selanjutnya
Ini 26 Rahasianya buat Rumah Jadi Tempat Perawatan Diri Sendiri