Sukses

Ingin Bunga di Vas Tahan Lama? Simak Triknya!

Liputan6.com, Jakarta Menghias rumah dengan bunga segar akan lebih menarik dibanding menggunakan bunga imitasi. Selain lebih harum, rasanya lebih indah dipandang mata.

Sayangnya, bunga segar lebih cepat layu. Namun Anda tak perlu khawatir, bunga potong bisa mekar dalam jangka waktu lebih lama jika dilakukan perawatan yang benar.

Seperti dikutip dari Rumah.com, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk bisa membuat bunga mekar lebih lama.

Menggunakan Soda Manis

Campur seperempat cangkir soda dengan air dalam vas bunga. Gunakan soda yang memiliki rasa manis. Gula pada soda akan membuat bunga mekar lebih lama. Jika menggunakan vas kaca Anda bisa menggunakan soda yang tidak berwarna, seperti Sprite atau Seven-Up sehingga warna air tidak berubah.

Hair spray

Selain bisa membuat rambut bertahan lebih lama, hair spray juga dapat membuat bunga segar bertahan lebih lama. Caranya, keluarkan bunga dari dalam vas. Semprotkan sedikit hair spray pada bagian bawah batang dan daun bunga. Beri jarak saat menyemprotkan hair spray.

Cuka Apel

Cuka apel bisa Anda gunakan juga untuk merawat kesegaran bunga. Tambahkan dua sendok teh cuka apel dan dua sendok teh gula pada air, lalu aduk sampai rata.

Setelah itu, masukan campuran cuka ke dalam vas bunga. Masukkan bunga yang telah dirangkai ke dalam vas.

Pemutih (Bleach)

Pemutih dapat membuat bunga bertahan segar lebih lama. Caranya, campurkan seperempat sendok teh pemutih dalam satu liter air. Lalu tambahkan satu sendok teh gula ke dalamnya. Aduk hingga rata.

Campuran pemutih dapat menjaga air tetap jernih dan mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat membuat tangkai bunga cepat membusuk.

Gula Pasir dan cuka putih

Larutkan tiga sendok teh gula dan dua sendok teh cuka putih dalam satu liter air hangat. Masukkan campuran gula pasir dan cuka hingga tujuh sampai sepuluh cm. Gula akan memberi makan tanaman dan cuka mencegah pertumbuhan bakteri.

(Simak juga: Berkebun Juga Bisa Dilakukan di Ruang Kantor)

Foto: Stocksnap

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Tidur Lebih Pulas dengan Motif Seprai Ini
Artikel Selanjutnya
Panduan agar Nyaman Tinggal di Kamar Kos