Sukses


Jurus Tumpas Noda yang Kerap Hadir di Akhir Pekan

Acara kumpul-kumpul di akhir pekan biasanya akan membuat beberapa area di rumah jadi terkena noda. Simak cara mengatasinya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Libur akhir pekan biasanya kerap dijadikan orang-orang sebagai momen untuk berkumpul bersama keluarga. Beberapa orang lainnya bahkan memanfaatkannya sebagai momen kumpul-kumpul bersama teman-teman seperti menggelar arisan di rumahnya. Dan apapun acaranya, sudah pasti akan ada banyak makanan yang dihidangkan.

Dan yang menyebalkan, acara kumpul-kumpul seperti ini biasanya akan membuat beberapa area di rumah Anda jadi terkena noda. Masalahnya jika tidak segera dibersihkan maka noda ini akan semakin sulit dihilangkan.

Simak juga: Sabun Cuci Piring Ampuh Juga Bersihkan Beragam Noda Ini!

Dan untuk mengatasinya, simak panduan yang diambil dari Rumah.com berikut.

1. Margarin

Singkirkan sisa margarin yang melekat di meja atau pakaian dengan sendok. Kemudian taburkan garam untuk menyerap noda margarin dan diamkan selama 30-60 detik. Setelahnya, sikat menggunakan deterjen cair hingga bersih.

Periksa label pada bahan yang terkena noda, apakah membutuhkan air hangat dalam proses pencuciannya. Jika noda margarin melekat di karpet, tetap taburkan garam lalu bersihkan dengan menggunakan penghisap debu.

Gosok bagian noda menggunakan spons yang sudah dicampur sabun cuci piring dan air hangat. Bilas hingga bersih dengan air dingin.

2. Remah Lilin

Yang pertama dilakukan ketika ada sisa remah lilin yang jatuh atau menempel di perabotan rumah adalah membiarkannya hingga dingin terlebih dahulu. Setelah itu, hilangkan remah lilin dengan sendok atau garpu.

Tekan pakaian atau perabotan yang terkena remah lilin dengan menggunakan setrika hangat sambil meletakkan kertas tisu di bagian atasnya. Cuci dengan menggunakan deterjen cair dan air hangat.

3. Coklat

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga menyukai jenis camilan ini. Dan sayangnya, noda coklat rawan menempel pada pakaian atau taplak meja karena teksturnya yang lengket.

Ambil sisa coklat yang menempel dengan lap kering kemudian gosok dengan menggunakan spons yang sudah direndam air hangat. Gunakan cairan penghilang noda juga ketika merendam pakaian yang terkena noda coklat.

4. Kopi

Kopi memang enak dikonsumsi di pagi hari atau ketika sedang bersantai. Bila baju atau taplak meja Anda terkena tumpahan kopi, segera semprotkan air dingin. Kemudian rendam pakaian di air hangat bersama cairan penghilang noda.

Bila noda kopi tumpah di karpet, gunakan spons yang sudah dicampurkan 1 sendok makan sabun cuci piring dengan cuka putih dan 2 cangkir air hangat. Bilas dengan air dingin dan keringkan.

5. Saus makanan

Banyaknya makanan yang disajikan, apalagi jika banyak orang yang datang, membuat saus makanan rawan untuk tumpah. Bila hal ini terjadi, hapuskan sisa noda saus dengan sendok kemudian lanjutkan pembersihan dengan spons yang sudah direndam air hangat.

Ketika mencuci, rendam dengan cairan penghilang noda.

6. Lipstick

Noda lipstick bisa menempel di pakaian dengan mudah. Teteskan cairan pembersih make up pada spons dan tekan-tekan perlahan (jangan digosokkan karena akan membuat noda semakin tersebar). Anda juga bisa menggunakan kertas tisu yang ditekan perlahan.

Cuci seperti biasa menggunakan cairan penghilang noda.

Foto: Pixabay

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini