Sukses

Pilihan Tempat Sampah yang Tepat untuk Setiap Ruangan

Liputan6.com, Jakarta Tempat sampah sering menjadi hal yang kurang diperhitungkan dalam interior rumah. Padahal tempat sampah juga menjadi aksen penting dalam membangun estetika hunian Anda.

Salah memilih tempat sampah atau salah menempatkan tempat sampah dalam ruang tentu akan memengaruhi estetika ruang.

Agar tetap sesuai fungsi dan estetikanya, Anda perlu mengikuti tips pemilihan tempat sampah agar sesuai ruang, seperti dinukil dari Rumah.com.

Area Luar Rumah

Tempat sampah di luar rumah adalah ‘pembuangan akhir’. Pilih yang memiliki volume besar.

Tempat sampah di area luar rumah biasanya merupakan penampungan sementara seluruh sampah rumah tangga sebelum diangkut petugas kebersihan.

Karena itu, Anda membutuhkan tempat sampah dengan ukuran besar. Anda bisa memilih tempat sampah berbahan fiberglass. Tempat sampah berbahan fiberglass lebih ringan, kuat, dan tahan segala cuaca.

Pilih juga yang menggunakan penutup untuk mencegah paparan langsung sinar matahari, guyuran air hujan, terpaan angin, dan meredam bau.

Sebaiknya juga Anda lapisi dengan trashbag sehingga memudahkan petugas untuk mengangkut dan mudah dibersihkan.

Area Dapur

Anda bisa menggunakan tempat sampah berbahan plastik untuk area dapur. Tempat sampah plastik memiliki bentuk dan warna yang beragam. Anda bisa memilih bentuk dan warna disinergikan dengan kondisi dapur.

Anda bisa memilih tempat sampah bertutup dengan ukuran sedang. Tempat sampah berbahan plastik cenderung ringan sehingga mudah diangkat. Anda akan sering melakukan rutinitas membuang sampah ke bak sampah area luar rumah.

Kamar Mandi

Untuk penempatan di kamar mandi Anda bisa memilih tempat sampah dari material plastik polipropilena atau baja tahan karat.

Pertimbangannya tempat sampah dengan bahan tersebut tahan lama jika terkena air dalam waktu lama dan mudah dibersihkan jika terkena air.

Cukup menggunakan lap atau tisu. Anda bisa memilih tempat sampah berpedal dengan tutup. Tingginya sekitar 28-30 cm dan diameter ± 20 cm. Pilih bentuk yang sesuai dengan tema kamar mandi Anda.

(Simak juga: Alternatif Vas Bunga Murah, Meriah, Indah)

Kamar Tidur

Tempat sampah terbuka cocok di tempatkan di kamar. Sumber: IKEA

Sampah dari kamar biasanya sebatas sampah kering, seperti sampah kertas, rontokan rambut, atau tisu. Intinya jarang terdapat sampah basah.

Karena itu, Anda bisa melengkapi kamar dengan tempat sampah terbuka. Pilihan bahannya bisa dari kayu, rotan, baja berlapis serbuk epoxy/polyester. Model tempat sampah bisa disesuaikan.

Untuk penempatan di kamar Anda masih cukup aman jika ingin memilih model keranjang sampah dengan celah-celah kecil/jaring-jaring.

Ruang Keluarga

Tempat sampah stainless steel menambah kesan elegan di ruang tengah. Sumber: IKEA

Anda bisa melengkapi ruang keluarga dengan tempat sampah yang memiliki bentuk atau model lebih elegan. Biasanya tempat sampah berbahan stainless steel memiliki model yang modern dan minimalis.

Cocok ditempatkan pada ruang yang terlihat banyak orang karena memiliki estetika. Ada banyak model yang bisa Anda pilih, minimalis memanjang, lingkaran, oval, atau setengah lingkaran. Tinggal sesuaikan dengan tema ruangan Anda.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Enam Trik Menata Dapur Tanpa Kitchen Set
Artikel Selanjutnya
Dapur Bersih Tanpa Bantuan ART? Bisa!