Sukses

Beda Jenis Kain Lap, Beda Kegunaannya!

Liputan6.com, Jakarta Kain lap bisa jadi barang yang paling sering Anda gunakan saat berada di dapur. Namun banyak yang tidak mempedulikan fungsi dan kegunaannya.

Mungkin saja Anda hanya memiliki satu jenis kain lap untuk kebersihan membersihkan rumah. Padahal, untuk pembersihan setiap barang membutuhkan kain lap yang berbeda-beda.

Karena itu, Anda harus memperhatikan juga jenis-jenis kain lap agar bisa digunakan secara maksimal dan mendapatkan hasil optimal dalam membersihkan. Seperti dikutip dari Rumah.com, berikut panduannya:

Kain lap berbahan katun

Kain lap berbahan katun idealnya digunakan untuk membersihkan atau mengeringkan peralatan yang terbuat dari kaca, bisa juga untuk mengelap kaca jendela, dan cermin.

Bahan katun memiliki serat yang tidak mudah terlepas. Ini akan menguntungkan sebab sedikit saja serat kain terlepas makan akan mudah terlihat di jelas pada peralatan makan dari kaca/gelas.

Saat mencuci, gunakan sabun/deterjen yang lembut untuk menghilangkan noda air. Saat mengelap Anda harus memegang bagian ujung, atau tangkai (jika ada) sehingga sidik jari tidak menempel pada permukaan kaca.

Lap Kanebo

Gunakan lap kanebo untuk mengelap permukaan yang basah dan lebar. Kain kanebo dapat mernyerap air dalam jumlah banyak dan mudah dikeringkan dengan beberapa kali perasan.

Material lap kanebo umumnya sangat halus sehingga aman digunakan untuk peralatan berbahan krom atau untuk mengelap mobil.

Usai digunakan, hindari menjemur lap kanebo langsung di bawah sinar matahari agar kering mengeras. Sebab lap kanebo harus dijaga kelembabannya.

Lap bahan kaus

Lap bahan kaus bisa Anda dapatkan dari kaus-kaus yang sudah usang. Kain kaus usang biasanya memiliki tekstur yang lebih halus karena pemakaian selama bertahun-tahun.

Jenis lap kaus bisa Anda gunakan untuk menggosok/menyemir sepatu, mengelap benda berbahan krom, atau mengelap bagian dalam mobil.

Kain Lap Handuk

Gunakan lap handuk untuk membersihkan cairan tumpah pada permukaan luas. Bahan handuk terbuat dari ribuan serat kain sehingga akan lebih mudah dan cepat menyerap cairan.

Caranya, cukup taruh handuk di atas cairan yang tumpah, tak perlu digosok terutama jika permukaan halus karena handuk akan menyerap sendiri cairan tersebut.

Jika cairan yang tumpah sulit diserap, misalnya kecap, minyak, air gula, gunakan lap handuk lalu tarik satu arah untuk membersihkan cairan.

Kain Lap elektrostatik

Gunakan kain jenis ini untuk mengelap debu pada furnitur kayu. Kain berbahan elektrostatik tak hanya mengangkat debu dari permukaan perabot, tapi juga menarik dan menjaga agar partikel kecil debu tetap menempel pada kain lap. Debu tidak akan lepas kembali ke dalam ruangan yang dibersihkan.

Lap microfiber

Lap microfiber baik digunakan untuk menghilangkan noda pada permukaan yang rentan terhadap gesekan, seperti layar computer, televisi; dan peralatan rumah tangga dari baja tahan karat seperti oven dan kulkas.

Gunakan lap microfiber yang kering untuk menghilangkan noda kecil. Sementara, untuk noda berukuran besar, seperti sidik jari atau noda berminyak, gunakan kain lap microfiber yang dilembabkan dengan air.

(Simak juga: Kenali Ragam Jenis Pisau dan Kegunaannya!)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Cukup 3 Langkah untuk Bikin Lantai Bebas Kuman
Artikel Selanjutnya
Rumah Anda Wajib Punya Peralatan Bersih-bersih Seperti Ini!