Sukses

Dapat Warisan Rumah Tua? Simak Langkah Membersihkannya!

Liputan6.com, Jakarta Saat kakek dan nenek tak lagi menempati rumahnya, Anda dan keluarga pun diminta untuk merapikan barang-barang yang ada di dalam rumahnya. Menyenangkan, tetapi sebelumnya, ada banyak hal yang harus dikerjakan.

Rumah yang sudah berusia puluhan tahun—bahkan mungkin ratusan tahun—barangnya cenderung tak terhitung. Bahkan, kemungkinan barangnya sudah tak bisa lagi dipakai.

Agar Anda tak pusing dan dapat menyelesaikan merapikan rumah tak lebih dari dua hari, lakukan cara yang dirangkum dari Rumah.com ini.

Dimulai dari gudang

Gudang adalah area yang paling malas dijamah. Jadi mulailah merapikannya dahulu saat semangat Anda masih tinggi-tingginya.

Sebelum mulai, keluarkan semua barang yang ada di gudang dan letakkan di halaman rumah agar terpapar sinar matahari. Setelah itu, sapu dan pel gudang, lalu Anda baru mulai menyortir barang yang tadinya tersimpan di gudang.

Area berikutnya: dapur

Ada kemungkinan Anda akan mengambil makanan atau minuman dari dapur. Sementara dapurnya orang zaman dulu cenderung lembap, berantakan—karena seluruh alat masak kuno disimpan di sini—sehingga banyak kuman.

Cuci seluruh peralatan makan, masukkan ke dalam dus bersih, lalu bersihkan dapur. Untuk sementara hindari mengambil makanan yang ada di dapur.

Dahulukan lantai atas

Jika rumah nenek Anda tingkat, dahulukan membersihkan lantai atas. Turunkan seluruh barang yang ada di lantai atas dan bersihkan lantainya.

Perhatikan kondisi lantai dan tangga, untuk memastikan tidak ada yang lapuk sehingga kondisinya tetap aman saat Anda harus bolak-balik naik dan turun tangga.

Bersihkan seluruh ruangan

Usai membersihkan lantai atas, kini bersihkan seluruh ruangan yang ada di lantai dasar. Mengeluarkan seluruh barang dahulu akan memudahkan Anda untuk membersihkan ruangannya.

Perhatikan pula area dinding, lantai, dan plafon untuk menjamin masih kokoh atau tidak.

(Simak juga: Panduan Menggunakan Jasa Bersih Rumah Online)

Sortir barang

Bila Anda tidak berniat menempati rumah tuanya, namun ingin menyewakannya, akan lebih baik jika rumah disewa dalam kondisi kosong.

Untuk itu, sortir barang-barang yang ada di dalam rumah. Hanya ambil barang yang masih dibutuhkan, lalu sumbangkan atau buatlah garage sale untuk barang yang terlalu besar dan tak lagi akan dipakai.

Majalah, koran, dan kertas bekas sebaiknya dibuang karena berisiko menimbulkan jamur dan sarang nyamuk.

Foto: Pixabay

 

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua