Sukses


Rahasia Menata Ruang di Rumah Sempit agar Terasa Lega

Simak tips untuk menghadirkan area berkumpul keluarga yang terasa luas meski di ruangan yang sempit, dan tentu saja dengan biaya yang irit.

Liputan6.com, Jakarta Tinggal di rumah dengan luas bangunan yang kecil memang kerap bikin kita bingung menata perabotan di dalamnya. Alhasil berbagai siasat pun diterapkan seperti meminimalisir kehadiran furnitur seperti set sofa ataupun set meja makan.

Masalahnya, bagaimana jika ada tamu yang datang berkunjung? Duduk bersila di karpet tentunya bukan cara yang elegan untuk menyambut tamu.

Simak juga: Ini yang Menyebabkan Rumah Jadi Terasa Sempit

Dan untuk menghadirkan area berkumpul keluarga yang terasa luas meski di ruangan yang sempit, dan tentu saja dengan biaya yang irit, maka simak trik cerdas dari Rumah.com berikut ini!

1. Manfaatkan sofa bantal

Selain nyaman dan stylish, bean bag bisa disimpan di kamar tidur jika selesai digunakan.

Set sofa dengan dua atau tiga dudukan tentu kurang luas memuat kebutuhan bersantai keluarga besar yang ingin berkumpul di ruang tamu. Salah satu solusi praktis ialah menambah sofa bantal seperti bean bag.

Selain nyaman dan stylish, bean bag bisa disimpan di kamar tidur jika selesai digunakan.

Tips ekstra: Anda juga bisa memanfaatkan bangku tanpa sandaran yang disembunyikan di bawah meja dengan desain yang senada. Dengan demikian Anda bisa mengeluarkan jika dibutuhkan dan menyimpannya kembali tanpa terlihat berantakan.

2. Dudukan dari laci

Tambahkan juga beberapa bantal untuk alas duduk yang dapat berfungsi mempermanis area.

Bingung memungsikan sudut ruang yang sempit? Anda bisa loh membuat set meja makan bergaya kasual dengan memanfaatkan dudukan dari laci seperti contoh di atas. Tambahkan juga beberapa bantal untuk alas duduk yang dapat berfungsi mempermanis area.

3. Kursi Lipat

Meja lipat bisa di pesan secara kustom ke toko mebel agar ukurannya bisa disesuaikan dengan luas ruangan.

Dengan sedikit kreatifitas, lorong ruangan yang sempit ini bisa Anda manfaatkan sebagai area makan. Caranya? Manfaatkan kursi dan meja lipat!

Ada banyak desain kursi lipat yang bisa Anda pilih di toko furnitur terdekat. Sementara itu, meja lipat bisa di pesan secara kustom ke toko mebel agar ukurannya bisa disesuaikan dengan luas ruangan.

4. Manfaatkan area depan jendela

Cukup memasang papan kayu yang disanggah bracket besi di depan jendela dan letakkan dua atau tiga kursi tumpuk di depannya. Dengan demikian Anda punya area hangout untuk sarapan atau menyeruput kopi.

Jika Anda butuh area ekstra untuk bersantai layaknya di kafe, maka area depan jendela bisa direnovasi sesuai keinginan.

Cukup memasang papan kayu yang disanggah bracket besi di depan jendela dan letakkan dua atau tiga kursi tumpuk di depannya. Dengan demikian Anda punya area hangout untuk sarapan atau menyeruput kopi sembari melihat pemandangan luar.

5. Furnitur multi fungsi

Meja dengan pijakan roda merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk Anda yang butuh meja makan temporer.

Poin penting ketika mencari furnitur untuk ruang sempit ialah berinvestasi pada item yang multifungsi.

Nah, meja dengan pijakan roda ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk Anda yang butuh meja makan temporer. Karena jika tidak digunakan, Anda bisa pindahkan meja ini dengan mudah ke ruangan lain.

Tips ekstra: Selain meja dorong, Anda juga bisa menghemat ruang dengan bangku yang ditata menumpuk secara vertikal.

 

Foto: Pexels

Isnaini Khoirunisa

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.