Sukses

Tiga Langkah Usir Jamur dari Wastafel

Liputan6.com, Jakarta Wastafel menjadi kebutuhan utama dalam hunian. Namun seiring pemakaian yang terus menerus, wastafel sering kali kusam karena tersiram kotoran dan berjamur.

Agar terjaga kebersihannya diperlukan perawatan rutin. Perawatan wastafel pun perlu Anda perhatikan, karena beda bahan beda cara perawatan, khususnya untuk menghilangkan jamur. Dikutip dari Rumah.com, berikut beberapa tips untuk membersihkan wastafel kamar mandi.

Wastafel alumunium/stainless steel

Untuk membersihkan wastafel berbahan stainless steel Anda bisa menggunakan campuran soda kue dan perasan lemon. Caranya cukup mudah.

Campurkan dua sendok makan soda kue dengan setengah gelas perasan air jeruk lemon. Lalu aduk hingga rata.

Setelahnya siramkan campuran baking soda dan perasan lemon ke seluruh sisi wastafel. Biarkan selama beberapa menit agar kotoran-kotoran pada dinding wastafel luruh. Setelahnya gosok wastafel dengan spons sampai bersih.

Usai dibersihkan, bilas dinding wastafel dengan air untuk menghilanglkan sisa-sisa kotoran. Terakhir, keringkan wastafel dengan lap bersih yang lembut.

Wastafel keramik

Wastafel keramik cenderung lebih mudah dalam perawatan. Anda bisa Keringkan wastafel setiap kali habis digunakan. Lap dengan menggunakan kain bersih atau tisu sehingga selalu tampak berkilau.

Untuk mengilapkan wastafel Anda bisa menggunakan pasta gigi. Lakukan perawatan dengan membilas wastafel dengan air hangat seminggu sekali.

Gunakan lap lembut untuk mengeringkan. Jika ingin menggunakan pembersih berkimia, lakukan percobaan lebih dahulu. Banyak bahan kimia yang dapat mengubah warna jika digunakan.

Menghilangkan Jamur

Khusus untuk menghilangkan jamur, Anda bisa menggunakan campuran pemutih dan air hangat. Campurkan satu cangkir pemutih untuk setiap 3,5 liter air.

Gunakan sikat pembersih untuk membersihkan. Celupkan sikat ke dalam larutan pemutih, dan bersihkan noda jamur atau lumut.

Setelahnya bilas dinding wastafel dengan air hangat. Lalu keringkan dengan lap lembut atau tisu hingga kering.

Untuk area yang lebih sulit dijangkau, misalnya pada lekukan di bawah keran, Anda bisa menjangkaunya dengan menggunakan botol semprotan kecil. Semprotkan langsung cairan pemutih ke arah jamur dan lumut. Kemudian gosok dengan sikat seperti biasa.

Jika ingin cara yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan karbol atau produk pembersih jamur kaca yang mengandung hidrogen peroksida. Kebanyakan produk pembersih berbentuk botol semprotan. Anda tinggal menyekanya dengan lap bersih.

(Simak juga: Cara Benar Bersihkan Jamur di Area Kamar Mandi)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ini Rahasia Anak Rajin Belajar di Rumah
Artikel Selanjutnya
Tips Nyaman Belajar di Rumah Bagi Mahasiswa S2