Sukses

Jangan Sampai Rumah Anda Jadi WC Umum Kucing Liar. Ini Tips-nya!

Liputan6.com, Jakarta Populasi kucing di kota besar selalu bertambah banyak. Hampir setiap saat Anda melihat anak kucing tanpa induknya berkeliaran di jalanan, termasuk area rumah Anda.

Melihat banyaknya kucing liar, tak heran jika halaman rumah menjadi salah satu sasaran mereka sebagai tempat membuang kotoran.

Selain aromanya mengganggu penciuman Anda, kotoran kucing pun mendatangkan penyakit. Lakukan tips dari Rumah.com ini untuk mengatasinya.

Tutup bak sampah

Bak sampah bagi kucing ibarat dapur, di situ kucing akan mencari makan. Bak sampah yang dibiarkan terbuka akan membuat aroma sisa makanan di dalamnya menguar sehingga mengundang kucing untuk mengobrak-abrik tempat sampah Anda.

Tutuplah bak sampah Anda dengan, dan seminggu sekali bersihkan bak sampah hingga tak ada bau busuk. Buat peraturan agar petugas kebersihan harus menutup kembali bak sampah setelah mengambil sampahnya.

Siram area halaman

Kucing suka dengan halaman yang kering atau berpasir. Jadi, sebisa mungkin jangan Anda pasir menumpuk di halaman rumah Anda.

Jika ingin membuat taman kering, sebaiknya lakukan untuk halaman dalam atau belakang yang tertutup. Pastikan untuk menyiram halaman Anda dua kali sehari sehingga tanah menjadi basah dan lembap.

Letakkan aroma menyengat dekat halaman

Kucing cenderung membenci aroma menyengat, terutama yang mengandung rempah. Misalnya, cabai, bawang putih, serai, bahkan aroma bunga seperti lavender dan melati, serta aroma jeruk.

Cobalah meletakkan aroma-aroma ini dekat dengan halaman. Misalnya, letakkan potongan bawang putih, atau serai di teras rumah Anda. Bahkan, jika Anda jeli, ada yang menjua cat repellent secara online.

(Simak juga: Tips Menanam Pohon Perindang di Halaman Rumah)

Hilangkan aroma kucing

Saat Anda melihat kucing buang air kecil atau besar di rumah Anda, segera bersihkan dan hilangkan aromanya. Misalnya, dengan meneteskan karbol di dekat selokan atau area yang dekat dengan halaman rumah. Selama aroma kucing tak dihilangkan, kucing akan terus datang ke rumah Anda.

Jauhkan rumah dari tikus

Jangan membuang sisa sayur atau sisa kuah makanan di selokan. Hal ini berisiko mengundang tikus. Saat tikus datang, kucing pun akan datang. Untuk itu, selalu bersihkan halaman dari bau busuk dan sisa makanan.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua