Sukses

Cara ini Bikin Rumah Anda Rapi Sepanjang Tahun

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2017 baru saja kita lalui beberapa hari. Dan awal tahun seperti ini merupakan saat yang tepat untuk mengevaluasi serta membuat resolusi. Tidak hanya untuk hal-hal yang seperti karier, cita-cita, atau target pribadi lainnya, tapi juga cara Anda menata dan menjaga kebersihan rumah juga perlu dievaluasi.

Pikirkan apa yang menurut Anda masih terasa kurang, atau bagian mana yang ingin diubah atau diperbaiki. Untuk itu simak tips dari Rumah.com yang akan mengulas bagaimana membuat rumah agar selalu terorganisir dan bebas dari berantakan selama satu tahun ke depan.

Simak juga: Cara ini Membiasakan Keluarga Anda Merapikan Rumah

Januari

Tahun baru menjadi awal yang tepat untuk menyimpan barang-barang dekorasi rumah setelah digunakan sebagai hiasan natal dan tahun baru. Jadikan bulan ini juga sebagai momen untuk mengatur hadiah-hadiah yang diterima di rumah.

Februari

Rapikan dan organisir kertas-kertas dokumen yang selama ini berserakan di seluruh rumah. Untuk memudahkan, buat sebuah tempat khusus. Untuk menyimpan kertas-kertas yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari seperti jadwal catering atau daftar belanja mingguan misalnya di samping kulkas.

Maret

Ajak setiap anggota keluarga untuk berpartisipasi dalam pekerjaan rumahtangga. Susun daftar pekerjaan dan berikan tanggung jawab kepada masing-masing anggota keluarga. Perhatikan juga usia anak dan berikan tugas yang sesuai dengan usianya.

April

Eksplor bagian rumah yang selama ini kurang diperhatikan seperti garasi, gudang, dan ruangan di bawah tangga. Biasanya tempat-tempat tersebut dijadikan tempat untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan. Susun dengan rapi agar lebih nyaman untuk dilihat.

Mei

Fokus bulan ini adalah area di luar rumah. Jika terdapat permainan anak, bersihkan dan periksa apakah ada bagian yang memerlukan perbaikan. Buat jadwal aktivitas agar anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah.

Juni

Musim liburan sekolah telah tiba dan ini adalah saat yang tepat untuk mengajarkan anak bagaimana sistem penyimpanan barang-barang pribadi mereka di rumah. Siapkan lemari penyimpanan yang terjangkau oleh anak.

Juli

Persiapan kembali ke sekolah. Periksa perlengkapan dan juga seragam sekolah anak, apakah ada yang perlu diperbaharui. Ajari anak untuk menyimpan buku dan perlengkapan tulis sesuai dengan tempatnya di rumah.

Agustus

Bulan ini adalah saat yang tepat untuk melihat isi lemari apakah ada pakaian yang sudah tidak digunakan selama satu tahun terakhir? Sisihkan dan organisir lemari agar Anda lebih nyaman saat mencari pakaian.

September

Usai menyortir barang-barang yang sudah tidak digunakan, di bulan ini Anda bisa memberikan barang-barang tersebut kepada orang-orang yang membutuhkan atau menjualnya melalui situs jual beli online.

Oktober

Siapkan rumah untuk menghadapi musim penghujan. Periksa apakah ada genteng yang bocor atau saluran air yang tersumbat. Bersihkan juga bagian garasi serta siapkan jas hujan dan payung.

November

Libur akhir tahun segera tiba. Rencanakan lebih awal mulai dari persiapan dekorasi rumah jika Anda merayakan natal dan daftar hadiah. Jika Anda berencana melakukan perjalanan di akhir tahun, mulai siapkan kebutuhannya.

Desember

Bulan ini saatnya Anda bersantai setelah kegiatan yang sudah dilakukan selama satu tahun penuh. Rayakan kesuksesan dan evaluasi kembali apakah ada hal-hal yang perlu dirubah di tahun depan.

Foto: Pixabay

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Panduan agar Anak Tetap Nyaman Saat Diajak Pindahan
Artikel Selanjutnya
Tips Bikin Rumah Bebas Stres