Sukses

Kenali Dulu Ciri-Ciri Gipsum Berkualitas Baik

Liputan6.com, Jakarta Gipsum bukan material baru di industri bahan bangunan. Sejak Lama gipsum sering dijadikan pengganti material konvensional, seperti dinding dari bata atau atap kayu.

Gipsum memiliki bobot yang ringan, fleksibel, tahan terhadap api dan suhu lembab serta pemasangannya yang mudah membuat material ini menjadi ‘primadona’.

Tak heran kalau selanjutnya bermunculan merek-merek papan gipsum di pasaran dengan beragam kualitas. Agar Anda tak salah membeli, berikut beberapa tips memilih gipsum yang baik dari Rumah.com.

Permukaan rata

Pilih permukaan papan gipsum yang rata, lurus, dan tidak bergelombang. Salah satu contohnya, tidak ada lendutan (lengkung) kecil pada permukaan saat dipasang sebagai plafon pada posisi horizontal.

Idealnya, nilai lendutan tidak lebih dari 2,0 mm per batang 600 mm. Anda perlu bantuan profesional di bidang bangunan untuk mengetahui hal ini. Gipsum yang rata juga akan membuat proses pengecatan atau finishing lebih bagus.

Memiliki kualitas kertas yang bagus

Papan gipsum terbuat dari inti gipsum yang terbungkus dalam kertas pelapis. Karena itu pilihlah gipsum yang memiliki daya rekat kertas pelapis yang kuat sehingga tidak mudah terkelupas bila disobek.

Anda juga harus memperhatikan kualitas kertas. Jika kualitas kertas kurang bagus akan cepat menyerap kertas, membuat kertas mudah menjamur, menggelembung, dan cepat bolong.

Bobot ringan

Pilih gipsum yang memiliki bobot ringan. Idealnya, papan gipsum setebal 9mm memiliki bobot tak lebih dari 15 kg.

Memilih bobot gipsum yang ringan juga akan memudahkan Anda saat proses instalasi di lapangan. Namun jangan terkecoh, banyak material menjual gipsum ringan, tetapi mudah rapuh. Sebaiknya pilih gipsum yang ringan yang solid dan kokoh.

Kuat

Pilih gypsum yang kuat; tak mudah patah atau retak saat terbentur benda tumpul. Selain itu pilih juga papan gipsum yang stabil ketika digunakan sebagai dinding pembatas atau partisi ruangan.

Ada cara mudah untuk mengetahui kekuatan gypsum, biasanya gipsum yang kuat saat diangkat tidak terasa rapuh.

Permukaan mulus

Pastikan permukaan papan gipsum bebas dari segala bentuk cacat, seperti retak atau gumpalan. Kondisi permukaan papan gipsum yang rata dan mulus berpengaruh terhadap kualitas material sehingga kuat dan tahan lama.

Pilih yang memiliki garansi

Selanjutnya pilih papan gipsum bergaransi. Saat ini sudah banyak produsen gipsum yang menyediakan garansi. Garansi sangat penting untuk menjamin kualitas produk yang diterima konsumen sesuai dengan spesifikasi.

(Simak juga: Kelebihan Dinding dan Atap Gipsum)

Foto: Rumah.com/Getty Images

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ketahui Syarat Wajib Menggunakan Lantai Kayu di Rumah
Artikel Selanjutnya
Mau Investasi Kios? Cek Dulu Plus Minusnya