Sukses

Ketahui Syarat Wajib Menggunakan Lantai Kayu di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Lantai kayu memang lebih nyaman jika digunakan di dalam ruangan rumah Anda. Selain lantai kayu jauh lebih hangat dibandingkan menggunakan lantai keramik, lantai kayu juga lebih enak dilihat.

Tapi, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan lantai kayu di seluruh ruangan, pastikan dulu Anda menjalankan ini.

Biasakan mencopot alas kaki

Sandal rumah yang berbahan lembut mungkin masih aman untuk lantai kayu. Tapi, sepatu tumit tinggi atau boots Anda jelas berisiko membuat permukaan lantai lecet dan tergores.

Bahkan sneakers pun berisiko menimbulkan goresan -misalnya saat ada batu kecil yang terselip di ruas alas sepatu.

Mulai sekarang, bedakan alas kaki untuk dalam dan luar rumah. Siapkan kursi di teras jika memang Anda membutuhkan tempat duduk sebagai lokasi memakai sepatu—sehingga Anda tak perlu memakai sepatu di dalam rumah.

Perhatikan perabotan rumah

Cek perabotan rumah yang Anda gunakan, terutama di bagian kaki-kakinya. Meja yang terbuat dari kayu jauh lebih aman digunakan daripada meja yang kakinya terbuat dari besi. Lebih aman lagi kalau Anda melapisi kaki-kaki meja dan kursi dengan karet atau busa.

Jangan gunakan untuk dapur

Sisa makanan yang terjatuh di lantai dan dibiarkan akan menimbulkan noda, bahkan dapat membuat lantai kayu rusak atau berjamur akibat makanan yang membusuk. Untuk itu sebaiknya tidak menggunakan lantai kayu di dapur.

Siapkan perabotan kebersihan yang sesuai

Jangan asal memilih kain pel, sebaiknya gunakan kain pel yang berbahan katun sehingga menyerap air dengan sempurna dan tidak meninggalkan sisa air di atas lantai.

(Simak juga: Mengenal Roster dan Fungsinya)

Pilih yang antirayap

Ada beberapa jenis lantai kayu atau lantai parket yang biasanya sudah dilengkapi dengan antirayap sehingga Anda tak lagi harus repot melapisinya. Harganya memang lebih mahal namun memiliki daya tahan yang lebih lama.

Tukar perabotan

Jangan malas menukar perabotan Anda, agar lantai kayu tidak memudar di atu bagian tempat. Hitung-hitung Anda mendekorasi ulang ruangan rumah agar tidak bosan.

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua