Sukses

Aktivitas Liburan Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Tanpa terasa liburan semester anak sekolah sebentar lagi akan berakhir. Masih ada waktu sih jika masih ingin mengajak mereka keluar kota atau tempat rekreasi. Tapi masalahnya belakangan ini cuaca pun tidak menentu, beraktivitas di luar ruangan tentunya sangat riskan.

Tapi liburan di rumah juga bukan berarti akan bikin anak-anak Anda mati gaya. Banyak aktivitas yang sebenarnya bisa dilakukan dan tentunya juga akan menyenangkan di rumah. Selain itu, tentu saja aman dan juga hemat biaya.

Simak juga: 5 Cara Mudah Agar Betah Liburan di Rumah

Dan agar aktivitas anak-anak di rumah selama sisa liburan tidak membosankan maka simak tips dari Rumah.com berikut ini.

1. Manfaatkan garasi rumah

Garasi adalah salah satu bagian ruangan di rumah yang dapat digunakan anak-anak untuk bermain. Keluarkan mobil Anda dari dalam garasi, dan biarkan anak-anak bermain sepeda, bola basket, bahkan sepatu roda di dalam tempat tersebut.

Tentunya ada banyak pilihan permainan yang dapat dilakukan di area garasi.

2. Permainan mencari harta karun

Simpan barang-barang seperti mainan atau buku dan sembunyikan di beberapa tempat. Tuliskan petunjuk di kertas dan berikan kepada anak-anak. Permainan ini seperti mencari harta karun, dan agar lebih seru siapkan hadiah untuk yang berhasil menemukannya.

3. Jalur penghalang

Buat jalur yang berisi obstacle tersebut dan tantang anak-anak untuk dapat melewatinya seperti dengan melompat, berguling, atau bahkan merayap.L

Di dalam ruang keluarga atau kamar anak, susun beberapa perabotan rumah tangga seperti bantal, kursi sofa, dan beberapa benda lain untuk menjadi obstacle. Buat jalur yang berisi obstacle tersebut dan tantang anak-anak untuk dapat melewatinya seperti dengan melompat, berguling, atau bahkan merayap.

4. Manfaatkan kardus di rumah

Jangan lupa siapkan cat air, spidol, krayon dan stiker agar anak-anak bisa berkreasi untuk menghias atau mewarnai kardusnya.

Jika Anda memiliki sisa kardus di rumah, manfaatkan untuk membuat mainan bersama anak-anak. Mulai dari membuat rumah-rumahan, kapal bajak laut, dapur, bahkan gedung-gedung juga bisa dibuat menggunakan kardus.

Jangan lupa siapkan cat air, spidol, krayon dan stiker agar anak-anak bisa berkreasi untuk menghias atau mewarnai kardusnya.

5. Siapkan tenda

Bangun sebuah tenda di dalam ruang keluarga atau kamar anak. Saat ini di tempat mainan anak banyak yang menjual tenda siap pakai sehingga mudah dibongkar pasang. Siapkan juga sleeping bag agar anak bisa merasakan situasi berkemah.

6. Buat arena balapan mobil

Ajak anak-anak terlibat dalam pembuatan jalur dan biarkan mereka bermain menggunakan mainan yang tersedia.

Gunakan selotip atau lakban untuk membuat sebuah jalur balapan mobil di dalam rumah. Ajak anak-anak terlibat dalam pembuatan jalur dan biarkan mereka bermain menggunakan mainan yang tersedia.

7. Membuat dokumentasi di dalam rumah

Berimajinasilah bersama anak-anak di rumah dengan membuat sebuah film dokumentasi. Diskusikan skenario ceritanya bersama anak dan Anda bisa membantu untuk merekamnya menggunakan kamera.

Hasilnya tentu akan sangat menyenangkan untuk ditonton bersama keluarga, bahkan di masa yang akan nanti kala mereka sudah besar.

8. Bermain petak umpet

Permainan tradisional yang masih sering dan mudah dilakukan di dalam rumah salah satunya adalah bermain petak umpet. Permainan ini bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari balita hingga dewasa.

Bermain petak umpet juga akan menciptakan memori bagi anak-anak terhadap tempat-tempat di rumah dimana mereka biasa bersembunyi.

Foto: Pixabay, Pexel

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua