Sukses

Trik Buat Rumah Lebih Terang Tanpa Harus Renovasi

Liputan6.com, Jakarta Iri rasanya melihat rumah-rumah modern di Bali atau area eksotis lainnya yang mendapat banyak sinar matahari saat siang.

Rumah yang terang tak hanya nyaman, tetapi juga membuat ruangan di dalam tak lembap. Sebenarnya membuat rumah menjadi mendapatkan sinar matahari tidak susah. Tak perlu renovasi, hanya perubahan kecil yang Anda lakukan, seperti dirangkum dari Rumah.com berikut ini:

Ubah cat dinding menjadi matte

Jangan pilih cat dinding yang glossy. Cat ini biasanya memantulkan cahaya sehingga menyebabkan ruangan menjadi silau dan panas. Dinding pun menjadi tak nyaman dilihat. Pilih cat dinding yang matte atau doff yang merefleksikan cahaya menjadi lebih lembut.

Bersihkan jendela

Bisa jadi penyebab kurangnya sinar matahari masuk ke dalam rumah Anda adalah jendela yang tak pernah Anda bersihkan.

Kerak dan noda di jendela akan menghalangi sinar sehingga tidak sepenuhnya menerangi ruangan rumah Anda. Bersihkan jendela setiap minggu agar sinar matahari menjadi lebih leluasa masuk ke rumah Anda.

Pilih tirai tipis

Hindari tirai berwarna gelap seperti marun, hijau sangat tua, dan cokelat tua. Pilih warna-warna pastel yang muda sehingga memungkinkan cahaya matahari untuk ‘menyelinap’ masuk ke dalam rumah Anda.

Selain itu, pilih tirai yang bahannya lebih tipis sehingga tidak menyebabkan rumah menjadi berkesan suram dan gelap.

Pangkas pohon dan tanaman

Walau di halaman Anda tanaman paling tinggi hanya berupa pucuk merah yang sudah setinggi 1 meter, tak ada salahnya memangkas tanaman tersebut.

Tanpa disadari, penyebab kurangnya sinar matahari masuk ke dalam rumah adalah Anda tak pernah memangkas pohon yang ada di dekat jendela atau teras rumah Anda.

Tambahkan cermin

Gantungkan cermin pada dinding yang berseberangan dengan jendela. Cermin akan memantulkan cahaya dan menyebarkannya ke sudut lainnya.

Tak perlu seluruh ruangan lantas Anda tambahkan cermin, cukup gantung di salah satu ruangan yang Anda inginkan lebih terang.

Pilih lukisan yang terang

Meski lukisan favorit Anda adalah lukisan yang sedikit gloomy dan menampilkan warna gelap, sebaiknya hindari memajang jenis lukisan ini.

Lukisan warna gelap akan menyerap sinar matahari dan mengurangi pantulan sinar di sekitar ruangan. Pilih hiasan dinding yang lebih netral, misalnya lukisan tangan hasil karya anak yang biasanya menggunakan warna terang.

(Simak juga: Tujuh Cara Bikin Ruangan Lebih Terang)

Foto: Stocksnap.io

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Rumah Seperti Ini Cocok untuk Generasi Milenial
Artikel Selanjutnya
Gajian Masih Lama, Ini 6 Cara Atur Keuangan Saat Tanggal Tua