Sukses

7 Pertimbangan dalam Membangun Garasi Rumah

Liputan6.com, Jakarta Garasi atau tempat parkir sering kali diabaikan dalam proses membangun rumah. Padahal garasi salah satu aspek penting dalam sebuah rumah. Jangan sampai punya mobil, tetapi tidak memiliki tempat untuk parkir sehingga harus memarkir di depan rumah.

Selain tak indah karena menghalangi rumah, juga tidak aman bagi kendaraan Anda. Padahal pembangunan garasi yang baik bisa menambah estetika rumah Anda. Karena itu, sebelum membangun garasi di rumah, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Luas lahan

Tentukan luas lahan yang akan dibangun untuk garasi. Luas garasi tentunya harus lebih lebar dan lebih panjang sekurang-kurangnya satu meter dari ukuran kendaraan yang akan diparkir. Hal ini penting sehingga Anda lebih mudah memarkir mobil dan mobil dapat diparkir dengan nyaman.

Letak garasi

Pikirkan letak garasi di rumah. Pilih lokasi yang memudahkan mobil untuk masuk dan keluar. Anda juga harus memperhatikan arah dan arus kendaraan di jalan yang berbatasan dengan garasi Anda.

Pintu garasi

Ada banyak jenis pintu yang bisa diaplikasikan untuk garasi. Untuk garasi berdesain minimalis, Anda bisa memilih jenis pintu garasi dengan metode lipat, tipe besi yang bisa didorong ke samping, dan pintu dengan sistem ditarik ke atas (rolling door).

(Simak juga: Warna Pintu yang Tepat Berdasarkan Feng Sui)

Lantai

Tentukan material yang akan digunakan untuk lantai. Anda bisa menggunakan beragam material seperti keramik, rabat beton atau plesteran, dan batu alam.

Masing-masing material memiliki kelebihan dan kekurangan. Contoh, keramik material yang kaya akan tekstur, warna dan motif, namun rentan pecah. Sementara plesteran tidak memiliki tekstur, tapi mampu menahan bobot mobil. Material batu alam tidak mudah terserang jamur dan lumut.

Alat pendingin ruangan

Pertimbangkan untuk melengkapi garasi dengan pendingin ruang. Mesin kendaraan akan mengeluarkan hawa panas setelah digunakan seharian. Pendingin ruangan dapat menetralisir panas mesin lebih cepat.

Anda bisa menggunakan pendingin ruangan dengan sistem mandiri. Tambahkan isolasi pada dinding, lantai dan plafon sebelum mengaplikasikan alat pendingin ruangan.

Rak penyimpanan

Lengkapi garasi dengan rak penyimpanan. Rak bisa digunakan untuk menyimpan perkakas atau alat-alat montir kebutuhan mobil. Agar garasi tetap rapi dan tak tampak berantakan, pertimbangkan untuk memiliki satu hingga dua storage.

Desain

Anda bisa membangun garasi sesuai selera. Perhatikan warna, bentuk pintu, jendela, dan lanskap di luar garasi. Semua berpengaruh secara langsung terhadap tampilan bangunan secara keseluruhan.

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Tips Tetap Sehat Tinggal di Pemukiman Padat
Artikel Selanjutnya
Tetap Sehat Tinggal di Apartemen Mungil