Sukses

Begini Cara Simpan Sepeda di Dalam Apartemen

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini olahraga bersepeda kembali digemari dan seolah mewabah, khususnya di kota-kota besar. Dan perlahan banyak orang yang mulai beralih menggunakan sepeda ketimbang mobil atau motor untuk aktivitas hariannya. Sebut saja sebagai sarana transportasi untuk ke sekolah, ke pasar, hingga ke kantor.

Bahkan yang tak kalah serunya, saat akhir pekan atau liburan, bersepeda juga bisa menjadi sarana rekreasi bersama teman dan keluarga. Entah sekedar mengayuh bersama pada area car free day ataupun menjelajahi daerah pebukitan di luar kota.

Baca juga: Om Telolet Om! Ini Dia Apartemen Murah Jabodetabek Dekat Terminal Bus

Karena fungsinya yang amat penting dalam mendukung mobilitas harian, pun selain harganya yang memang cukup lumayan, tentu saja keamanan ketika menyimpan sepeda juga perlu mendapat perhatian.

Dan hal ini tentunya juga akan menjadi tantangan jika Anda tinggal di sebuah apartemen yang tidak memiliki ruang tambahan. Untuk itu simak tips kreatif dari Rumah.com untuk menyimpan sepeda di dalam ruangan yang terbatas.

1. Di balkon apartemen

Ide ini memang baik jika kondisi balkon Anda tertutup, karena jika terkena hujan malah akan membuat onderdil sepeda menjadi berkarat.

Balkon adalah tempat yang tepat untuk meletakkan sepeda. Menaruhnya di luar akan membuat apartemen Anda tidak menjadi terasa sempit. Namun ide ini memang baik jika kondisi balkon Anda tertutup, karena jika terkena hujan malah akan membuat onderdil sepeda menjadi berkarat.

2. Di dinding

Ikuti instruksi agar gantungan yang Anda pasang di dinding cukup kuat. Pastikan juga ke pihak manajemen apartemen apakah pemasangan gantungan tersebut diperbolehkan.

Jika Anda memiliki dinding yang polos di dalam apartemen, beruntunglah karena bagian ini bisa menjadi tempat yang cocok untuk menyimpan koleksi sepeda (jika Anda memiliki lebih dari satu). Banyak gantungan dijual di toko sepeda atau toko olahraga yang memang dikhususkan untuk menahan beban seberat itu.

Ikuti instruksi agar gantungan yang Anda pasang di dinding cukup kuat. Pastikan juga ke pihak manajemen apartemen (atau ke pemilik apartemen jika Anda menyewa) apakah pemasangan gantungan tersebut diperbolehkan.

3. Di bagian atas ruangan

Beberapa apartemen memiliki langit-langit yang cukup tinggi sehingga memungkinkan untuk menyimpan sepeda di bagian atas ruangan.

Jika Anda tidak memiliki ruang lebih yang cukup untuk menyimpan sepeda, pikirkan penyimpanan dengan cara vertikal. Beberapa apartemen memiliki langit-langit yang cukup tinggi sehingga memungkinkan untuk menyimpan sepeda di bagian atas ruangan.

Sama halnya dengan menggantungkan sepeda di dinding, Anda harus memastikan bahwa pihak apartemen tidak akan keberatan dengan apa yang akan dilakukan. Sepeda tidak akan lagi menghalangi jalan Anda di dalam apartemen.

4. Di belakang sofa

Jika Anda memiliki sofa di dalam apartemen yang menempel pada dinding, tarik sedikit sofa tersebut sehingga menyisakan sedikit ruang di antara sofa dan dinding. Manfaatkan sisa ruang ini untuk menyimpan sepeda. Cara seperti ini juga bisa dilakukan pada tempat tidur, meja makan atau perabotan lain yang menempel pada dinding.

5. Di dalam kamar mandi

Menyimpan sepeda di dalam kamar mandi terdengar aneh? Pikirkan kembali berapa lama Anda berada di dalam ruangan tersebut dalam satu hari. Biasanya hanya beberapa menit dalam satu hari bukan?

Di waktu-waktu lain Anda bisa menggunakan kamar mandi sebagai tempat untuk menyimpan sepeda. Agar tidak merasa terganggu, letakkan sepeda di luar jika Anda akan menggunakan kamar mandi.

Foto: Apartmentguide.com, Pexel

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Desain Pintu Unik Bikin Rumah Makin Nyentrik
Artikel Selanjutnya
Tips Nyaman Belajar di Rumah Bagi Mahasiswa S2