Sukses

Cara Mudah Buat Kamar Mandi Ramah Anak

Liputan6.com, Jakarta Bila Anda memiliki anak-anak, pastikan bahwa kamar mandi di rumah harus benar-benar aman dan nyaman untuk mereka gunakan. Dan jika kamar mandi di rumah sudah menjadi tempat yang ramah untuk anak-anak, acara mandi bisa jadi bukan lagi sebagai kewajiban, tetapi bisa jadi rutinitas yang menyenangkan bagi mereka.

Salah satu masalah ketika anak-anak menggunakan kamar mandi biasanya karena ukuran perabotan di dalamnya, seperti bak mandi, wastafel, dan lemari, umumnya diperuntukkan bagi orang dewasa.

Simak juga: Kamar Mandi Aman untuk Wanita Hamil

Jadi temukanlah cara agar anak dapat meraih semua benda yang ada di dalamnya dengan mudah, seperti memasang gantungan handuk yang lebih rendah, atau menyediakan sebuah stool.

Dan sebagai panduan Anda, simak ide dari Rumah.com untuk benda apa saja yang bisa ditambahkan ke kamar mandi agar menjadi lebih ramah anak. Serunya, beberapa benda berikut ini juga bisa dibuat sendiri di rumah loh!

1. Kubikel wadah sikat gigi

Anda juga bisa menggunakan rak atau papan saji yang ada di rumah. Cat bagian dalamnya dan beri cap nama anak.

Tempelkan semacam rak atau kubikel untuk meletakkan sikat gigi. Berikan juga sentuhan personal dengan menambahkan nama masing-masing anak di rak tersebut. Kemudian, letakkan di tempat yang mudah dijangkau oleh mereka.

Anda juga bisa menggunakan rak atau papan saji yang ada di rumah. Cat bagian dalamnya dan beri cap nama anak.

2. Sediakan stool (kursi pijakan)

Sediakan sebuah bangku kecil yang biasa digunakan sebagai pijakan tambahan ketika ingin meraih tempat yang lebih tinggi.

Dukung anak untuk mandiri seperti agar mengambil perlengkapan mandinya sendiri atau mencuci tangannya di wastafel. Untuk itu sediakan sebuah bangku kecil yang biasa digunakan sebagai pijakan tambahan ketika ingin meraih tempat yang lebih tinggi.

3. Letakkan sebuah karya seni

Anda bisa membuat gambar sendiri dengan mengecat seluruh papan kanvas dengan warna kuning, dan menggunakan pencetak huruf dengan memberinya cat berwarna kontras.

Gantungkan sebuah gambar yang berisikan kata-kata motivasi dengan warna yang ceria khas anak-anak. Tanda ini bisa digunakan untuk menyemangati anak ketika mandi atau menggosok gigi.

Anda bisa membuat gambar sendiri dengan mengecat seluruh papan kanvas dengan warna kuning, dan menggunakan pencetak huruf dengan memberinya cat berwarna kontras.

4. Aksesoris dengan karakter anak

Pastikan tempat penyimpanan tersebut higienis dan mudah diambil oleh anak-anak.

Pilih tempat penyimpanan yang sesuai dengan karakter anak seperti tempat cotton bud berikut ini. Dan pastikan tempat tersebut higienis dan mudah diambil oleh anak-anak.

5. Tirai kamar mandi penuh warna

Anak-anak tentunya akan menyukai desain pilihannya tersebut dan juga membuat mereka merasa dilibatkan dalam mendekorasi kamar mandi.

Ketika mengunjungi toko perabotan rumah tangga, biarkan anak memilih motif atau warna dari tirai kamar mandi. Anak-anak tentunya akan menyukai desain pilihannya tersebut dan juga membuat mereka merasa dilibatkan dalam mendekorasi kamar mandi.

6. Tempat baju kotor dengan motif kartun

Pilih motif yang unik seperti gambar kartun untuk tempat baju kotor dan letakkan di tempat yang strategis agar anak bisa selalu melihatnya.k

Semangati anak untuk melakukan semuanya sendiri, termasuk meletakkan baju kotor di tempatnya. Pilih motif yang unik seperti gambar kartun untuk tempat baju kotor dan letakkan di tempat yang strategis agar anak bisa selalu melihatnya.

7. Sediakan tempat sampo dan sabun khusus

Untuk anak-anak, pisahkan tempat sampo dan sabun mereka dengan punya orang dewasa. Pastikan tempat tersebut mudah dijangkau oleh mereka.

Untuk anak-anak, pisahkan tempat sampo dan sabun mereka dengan punya orang dewasa. Pastikan tempat tersebut mudah dijangkau oleh mereka. Beberapa toko menyediakan perabotan yang memang khusus untuk anak-anak.

Foto: Parents.com, Pexel

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Panduan agar Nyaman Tinggal di Kamar Kos
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Menata Kamar Tidur Minimalis