Sukses

Mengenal Pelopor Semen Instan, Mortar Utama Weber

Liputan6.com, Jakarta Bagi masyarakat awam yang tidak bersentuhan dengan kegiatan konstruksi atau pembangunan property, rasanya akan asing mendengar tentang Semen Instan. Tahunya selama ini semen ya namanya semen saja yang buat bahan bangunan, yang kalau untuk merekatkan bata atau keramik harus dicampur dengan pasir terlebih dahulu.

Ternyata tak hanya ada Instant Messaging, semen instan pun telah lama hadir di tengah-tengah masyarakat. Semen instan juga dikenal dengan sebutan Mortar yakni campuran antara pasir dan semen yang dipakai untuk merekatkan bata, memasang keramik, mengaci, atau memplester.

Salah satu perusahaan yang mempelopori istilah semen instan atau Mortar adalah Mortar Utama Weber. General Manager Product Mortar Utama Weber, Joni Kho menjelaskan bahwa MortarUtama Weber hadir di Indonesia sejak tahun 1996 dan menjadi perusahaan nasional pertama yang memproduksi semen instan siap pakai dengan menggunakan teknologi modern. Produk semen instan tersebut dikenal dengan merk MORTAR UTAMA Weber (MU Weber).

"Mortar sendiri artinya campuran semen dan pasir. Secara teknis dalam dunia kontruksi, semen instan dikenal dengan istilah Premixed Mortar atau Dry Mortar. Premixed Mortar berarti adukan yang sudah dicampur sebelumnya, sesuai dengan peruntukannya," jelas Joni di Kantor Mortar Utama Weber di Jakarta.

Berbeda dengan semen tradisional atau konvensional, proses pembuatan semen instan atau Mortar telah memakai teknologi modern yang terkomputerisasi. Hal ini bertujuan agar pencampuran atau mixing antar komponen penyusunnya sesuai standar, dan kualitasnya terjaga dengan baik.

Bahan yang dipakai dalam pembuatan semen instan Mortar juga berbeda. Jika semen konvensional hanya memakai satu bahan saja, maka semen instan adalah campuran dari semen, pasir silika, zat aditif dan beberapa bahan material lain yang bisa dicampur menjadi satu.

Kebiasaan tradisional itu, jelas Joni, sebelum melakukan pekerjaan seperti merekatkan bata atau keramik atau pekerjaan lainnya, tukang terlebih dahulu mencampurkan semen dan pasir yang terpisah dengan takaran tertentu.

"Sementara Premixed Mortar itu sendiri sudah masuk dalam satu packaging. Tinggal dimasukkan dalam wadah untuk diaduk dengan air," ujar Joni.

Ragam Premixed Mortar sangat banyak dengan ratusan tipe di negara-negara maju yang teknologi konstruksinya sudah maju. Di Indonesia umumnya dipakai untuk segmen ritel sekitar 10 tipe.

"MortarUtama Weber ini memproduksi hampir 40 tipe, namun yang berkontribusi tinggi sekitar 90%-nya kurang dari 10 tipe," ujarnya.

Bagian-bagian besarnya, lanjut Joni dikategorikan pada produk yang berhubungan dengan dinding; pemasangan bata, plesteran, acian. Produk yang berhubungan dengan lantai; peluran/screed, perekat kramik, dan nat kramik.

"Di luar itu ada produk-produk yang disebut dengan teknikal produk diantaranya waterproofing yakni MU-600 DryShield dan produk-produk perbaikan beton," tambahnya.

*MU-600 DryShield merupakan produk pelapis kedap air yang mengandung Acrylic Copolymer yang memperkuat ketahanan fleksibilitas waterproofing terhadap keretakan substrat dibawahnya akibat proses muai susut yang berulang-ulang.

Semua produk-produk yang tergabung dalam Mortar Utama Weber memiliki identitas warna masing-masing di packaging. Produk yang berhubungan dengan dinding identik dengan warna hijau, perekat keramik warna merah, untuk pelapis kedap air (MU-600 Dryshield), dan perbaikan beton warnanya ungu.

“Dengan konsistensi visibility ini dapat memudahkan konsumen mengenal produk Semen Instan Mortar Utama Weber. Selengkapnya bisa di cek www.mortarutama.com,” Joni menambahkan.

Untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang Semen Instan Mortar dan produk MortarUtama Weber, Joni mengatakan perusahaannya menggelar sosialisasi kepada masyarakat umum baik profesional maupun rumah tangga, termasuk memberikan edukasi tentang bagaimana membangun dinding,memasang keramik dan pekerjaan konstruksi lainnya yang baik dan berkualitas.

"Kita juga fokus membangun distribusi produk supaya ketersediaan di toko bahan bangunan tercukupi dan mudah diakses masyarakat. Sementara untuk proyek Highrise Building, para kontraktor sudah familiar dengan produk Mortar Utama Weber," jelasnya.

Di dunia yang serba digital dan akses internet cepat, Mortar Utama Weber pun telah melengkapi websitenya dengan berbagai informasi dan servis edukasi; video tutorial, tools digital dalam memilih warna, kalkulator penggunaan produk MortarUtama Weber, serta tips dan trik tentang dekorasi rumah.

Atas inovasi dan konsistensi diproduksi semen instan, Mortar Utama Weber meraih Top Brand 2016 untuk kelima kalinya untuk kategori semen instan.

Semen Instan Mortar UtamaWeber tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Dengan pasar terbesar masih di pulau Jawa dan Sumatera. Adapun Mortar Utama Weber memiliki 2 pabrik besar yang terletak di Cibitung-Bogor, Jawa Barat dan Gresik, Jawa Timur. Perusahaan juga tengah melakukan persiapan pembangunan pabrik baru di wilayah Sumatera.


(Adv)

 

 

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Bikin Pangling, Semua Dekorasi Ini Terbuat dari Barang Bekas
Artikel Selanjutnya
Unibraw Ciptakan Alat Cerdas untuk Naikkan Produktivitas Minuman