Sukses


Sebelum Bangun Rumah, Pastikan Area Kamar Mandi Anti Bocor

Selain paint waterproofing ada jenis waterproofing lain yang mampu menjaga area kamar mandi tidak bocor lagi.

Liputan6.com, Jakarta Kamar mandi merupakan salah satu sarana vital di rumah karena selalu digunakan oleh Anda maupun keluarga setiap harinya. Aktivitas penggunaan yang cukup tinggi, membuat kamar mandi menjadi bagian rumah yang perlu dipersiapkan matang saat pembangunan.

Kebocoran pada area kamar mandi baik itu lantai maupun tempat penampungan air dapat mengakibatkan rembesan air pada dinding dan plafon, terutama hunian yang memiliki lantai dua atau lebih. Jika dibiarkan saja tentu akan berakibat buruk bagi ketahanan rumah karena area menjadi rentan lembab, berjamur, lumut hingga terjadinya kerusakan pada plafon.

Untungnya ada produk pelapis kedap air atau waterproofing yang bisa menjadi penyelamat Anda. Pelapis kedap air ini ragamnya sangat banyak bisa puluhan jenis. Di Indonesia, umumnya masyarakat awam (selain profesi di dunia konstruksi) sangat mengenal produk pelapis kedap air jenis cat atau Paint Waterproofing. Namun dari sisi peruntukan, jenis paint waterproofing ini sifatnya perbaikan.

Dalam jangka waktu tertentu jika terekspos cuaca atau bahkan air secara terus menerus membuat kerekatan waterproofing menjadi lemah. 1 sampai 1,5 tahun lagi mungkin Anda perlu melakukan pelapisan ulang supaya tidak ada area yang bocor.
Padahal pelapis kedap air yang baik seharusnya memiliki usia yang sangat panjang, selama bangunan itu dipakai dalam hal ini area kamar mandi. Namun, Anda jangan khawatir karena ada jenis waterproofing lain yang memiliki daya rekat kuat yakni Cement Based Waterproofing.

Kebocoran pada area kamar mandi dapat mengancam ketahanan plafon.


Mortar Utama Weber sebagai pelopor semen instan telah lama memiliki produk pelapis kedap air yang masuk kategori Cement Based Waterproofing yakni MU-600 DryShield. General Product Manager Mortar Utama Weber, Joni Kho menjelaskan bahwa MU-600 DryShield adalah bahan pelapis kedap air yang dirancang khusus dengan Crackbridge Technology - formula inovatif yang mudah diaplikasikan serta kuat dan merekat terhadap beton.

"MU-600 DryShield memiliki daya rekat tinggi, tidak beracun, dan tidak korosif sehingga aman untuk diaplikasikan pada beragam area basah, seperti kamar mandi, dak beton, balkon, ataupun area terendam seperti ground water tank, basement, hingga kolam renang," ujar Joni di Jakarta.

Pelapis kedap air MU-600 DryShield, lanjut Joni, tepat sekali digunakan saat dalam proses pembangunan karena sifatnya lebih preventif.

"Sejak bangunan itu dibangun, sudah dilapisi MU-600 DryShield. Jika dilakukan dengan benar maka sepanjang bangunan itu ada, tidak perlu di waterproofing lagi. Tentunya Anda tak perlu keluar dana lagi setiap tahun untuk mengatasi masalah kebocoran di area kamar mandi maupun dinding.

Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah tidak beda jauh dengan waterproofing pada umumnya. Syarat utama untuk menggunakan waterproofing itu medianya harus cukup rata, selengkapnya Anda bisa klik di sini

Kemampuan MU-600 DryShield dalam melapisi lantai maupun dinding di area kamar mandi tidak perlu diragukan lagi. Berdasarkan hasil uji, MU-600 DryShield bahkan mampu melapisi kolam sedalam 15 meter dengan durasi waktu sepanjang usia kolam yang mencapai puluhan tahun.

"Jika terjadi kebocoran perlu ditelusuri dulu asalnya dari mana. Jika terjadi retakan ukuran mikro, MU-600 DryShield masih mampu menjembatani dan menjadi lapisan dinding. Jika retakannya besar ada kemungkinan kegagalan struktur,” jelas Joni.MU-600 DryShield

Untuk mengetahui bagus tidaknya produk pelapis kedap air dengan melihat kandungan di dalamnya. "MU-600 DryShield mengandung Acrylic Copolymer yang memperkuat ketahanan fleksibilitas waterproofing terhadap keretakan substrate dibawahnya akibat proses muai susut yang berulang-ulang," katanya.

MU-600 DryShield memiliki 2 tipe Packaging. Pertama, dalam kemasan 20 Kg yang terdiri dari 15 Kg bubuk dan 5 Kg cairan. Mampu mengcover luas area 10 - 12 Meter persegi. Sementara untuk kebutuhan kecil (renovasi) terdapat kemasan MU-600 DryShield 3 Kg (2 Kg bubuk dan 1 Kg cairan) dengan luas area 1,5 sampai 2 Meter persegi.

"Kedua bahan bubuk dan cairan itu tinggal diaduk, kemudian langsung dikuaskan pada tempat yang diinginkan. Untuk kemasan 3 Kg dapat mengcover kamar mandi ukuran kecil," jelasnya.

Untuk harga MU-600 DryShield ukuran 20 Kg harga eceran tertingginya Rp 250 ribu, sedangkan ukuran 3 Kg sebesar Rp 110 ribu. Harga di toko bangunan bisa lebih rendah.

Mortar Utama Weber merupakan perusahaan yang mempelopori istilah semen instan atau Mortar. Secara teknis orang mengenal premix Mortar atau dry Mortar. Mortar itu artinya sendiri campuran semen dan pasir.

Di negara-negara maju produk premix Mortar memilik beragam tipe dan varian. Sedangkan di Indonesia, masyarakat umumnya mengenal 10 tipe semen instan dan Mortar Utama Weber membaginya dalam empat kategori produk: (1) Solusi perekat keramik, (2) Solusi Dinding, (3) Solusi Lantai, (4) Solusi pelapis kedap air dan perbaikan. MU-600 DryShield masuk dalam kategori keempat.
Berkat Inovasi dan konsistensi dibidang semen instan, Mortar Utama Weber meraih Top Brand 2016 untuk kelima kalinya untuk kategori semen instan.

Ingin area rumah dan kamar mandi bebas bocor? Anda pasti sudah tahu solusinya.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.