Sukses

Bagian Rumah yang ini Jangan Lupa Dibersihkan

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin merasa sudah sangat teliti dalam merapikan rumah. Misalnya memastikan tempat tidur agar selalu rapi, tempat duduk toilet yang selalu bersih, dan juga meja makan yang selalu tertata rapi.

Namun, benarkah rumah Anda sudah benar-benar bersih? Kotoran dan debu bisa menumpuk di tempat-tempat yang tidak terduga loh! Mulai dari dekorasi rumah hingga perabotan rumahtangga.

Simak juga: Beli Rumah, Jangan Lupa Cek Kualitas Bangunan

Untuk itu simak rangkuman dari Rumah.com tentang bagian rumah mana saja yang sering lupa dibersihkan, serta bagaimana cara membersihkannya dengan tepat.

1. Mesin Pembuat Kopi

Anda selalu membuat kopi di pagi hari? Jika suatu hari kopi yang dibuat terasa aneh berarti sudah waktunya untuk membersihkan mesin pembuat kopinya. Asal tahu saja, mesin ini bisa menyimpan residu akibat penggunaan biji kopi dan air panas jika tidak rajin dibersihkan.

Cara membersihkannya: campurkan cuka putih bersama air dan nyalakan mesin pembuat kopi. Selanjutnya matikan dan diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih. Cuci bersih juga filternya dengan cara manual.

2. Bantal Sofa

Bantal tidur biasanya tidak pernah luput dibersihkan secara rutin, namun bagaimana dengan bantal sofa? Anda mungkin merasa bantal tersebut hanya sebagai properti yang digunakan sambil menonton TV, padahal bantal tersebut bisa menyimpan tungau, debu, dan kulit mati yang sama seperti bantal tidur.

Cara membersihkannya: gunakan penghisap debu pada bantal. Lakukan sekaligus ketika Anda membersihkan ruang keluarga secara rutin. Ganti sarung bantal paling tidak 1-2 minggu sekali.

3. Tempat Sampah

Masih sering tercium bau aroma tidak sedap meskipun sampah yang menumpuk sudah dibawa keluar? Bisa jadi itu karena masih ada sampah yang tersisa atau terdapat bakteri yang melekat di tempat sampah Anda.

Cara mengatasinya: Cuci dan gosok hingga bersih tempat sampah dan semprotkan disinfektan atau produk penghilang bau.

4. Tirai Jendela

Bila dilihat secara kasat mata, sebuah tirai biasanya selalu terlihat bersih. Padahal bagian ini juga menyimpan berbagai kotoran mulai dari tungau, debu, hingga bakteri.

Cara membersihkannya: bersihkan setiap hari menggunakan penghisap debu. Lepas dan bawa ke laundry paling tidak 1 bulan sekali.

5. Aksesoris di Kamar Mandi

Mulai dari tempat sikat gigi, gelas untuk berkumur, dan juga bagian atas tempat duduk toilet. Anda mungkin akan terkejut berapa banyak bakteri yang hidup di kamar mandi.

Cara membersihkannya: Ketika membersihkan kamar mandi, gosokkan bagian-bagian tersebut menggunakan cairan antiseptik.

6. Gagang Pintu dan Tombol Lampu

Hitung berapa kali Anda atau anggota keluarga yang lain memegang benda-benda ini. Anda akan menyadari berapa banyak bakteri yang berpindah tempat dari tangan ke tempat-tempat tersebut, terutama di tempat-tempat seperti dapur dan kamar mandi.

Cara membersihkannya: bersihkan bagian-bagian ini secara rutin menggunakan tisu basah yang mengandung anti bakteri.

Foto: Pixabay

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Dapur Bersih Tanpa Bantuan ART? Bisa!
Artikel Selanjutnya
Rumah Anda Wajib Punya Peralatan Bersih-bersih Seperti Ini!