Sukses

Tak Konsen Kerja di Rumah? Ini Solusinya!

Liputan6.com, Jakarta Rumah bisa menjadi tempat kerja yang nyaman pula jika didukung dengan ruang dan fasilitas yang nyaman.

Ruang bekerja tentu menjadi hal penting dalam rumah, apalagi jika pemilik rumah merupakan pekerja lepas ataupun pekerja kreatif, yang tidak membutuhkan ruang kantor permanen.

Hal pertama untuk mendukung Anda bekerja secara maksimal di rumah adalah dengan membuat desain ruang kerja secara tepat. Menurut Rumah.com, ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika membuat ruangan kerja.

Letak Ruang Kerja

Pertimbangkan di mana Anda akan meletakkan posisi ruang kerja. Anda dapat memanfaatkan ruang kosong atau kamar tidur yang belum digunakan. Bisa juga memanfaatkan space kosong seperti di bawah tangga, atau di pojok ruang.

Ruangan untuk bekerja tidak perlu terlalu besar, terpenting cukup untuk meletakkan meja dan kursi. Jika mendapat space ruang yang cukup besar, Anda dapat menambahkan rak buku serta beberapa ornament hiasan sehingga membuat Anda semakin nyaman.

Sirkulasi

Bekerja harus dalam kondisi pikiran yang fresh. Jadi sekecil apapun ruang kerja Anda harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Karena itu, pikirkan untuk membuat ventilasi.

Anda dapat pula memasang penyejuk udara (AC). Sirkulasi udara penting agar ruangan menjadi nyaman untuk bekerja.

Anda juga harus memperhatikan sirkulasi/lalu lintas penghuni rumah. Pilih tempat yang jarang dilalui orang sehingga tidak merusak konsentrasi bekerja Anda.

Peralatan Kerja

Beberapa peralatan yang wajib Anda siapkan untuk membuat ruang kerja adalah meja dan kursi. Sementara peralatan penunjang seperti laptop, telepon, buku, rak buku, tempat penyimpanan dan dekorasi untuk mempercantik ruangan bisa disesuaikan.

Perhatikan pula ukuran peralatan kerja harus sesuai dengan ukuran ruang. Jika ruangan tidak terlalu besar, gunakan meja dan kursi yang mencukupi. Anda bisa memesan peralatan kerja custom yang bisa disesuaikan dengan selera, fungsi dan ukuran.

Pengaturan Posisi Peralatan Kerja

Posisi untuk meletakkan peralatan kerja berpengaruh dalam menciptakan kenyamanan bekerja. Taruh peralatan kantor di tempat yang tidak pas sehingga tidak mengganggu mobilitas Anda dan orang lain.

Misalnya, tidak meletakkan komputer membelakangi jendela karena akan menyilaukan pandangan Anda saat melihat layar komputer. Atau, tidak meletakkan meja menghalangi jalan.

Tambahkan Ornamen Hiasan

Untuk menambah semangat bekerja Anda bisa menambahkan ornamen-ornamen, atau benda-benda favorit sebagai hiasan meja kerja. Benda-benda favorit secara tidak langsung bisa menambah motivasi dan produktivitas bekerja Anda.

(Simak juga: Bikin Ruang Kerja Sebagai Pemicu Produktivitas)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Desain Pintu Unik Bikin Rumah Makin Nyentrik
Artikel Selanjutnya
Tips Pilih Kloset Duduk Sesuai Kamar Mandi