Sukses


Trik Bikin Kamar Anda Laris Manis di Airbnb

Daripada kosong, rumah atau apartemen bisa memberikan pemasukan tambahan dengan menyewakannya lewat Airbnb.

Liputan6.com, Jakarta Airbnb adalah sebuah marketplace yang memfasilitasi perorangan untuk menyewa dan menyewakan ruangan di sebuah rumah maupun apartemen. Jadi, Anda pun bisa menyewakan ruangan di rumah Anda baik harian maupun untuk jangka waktu yang lebih lama.

Akibat Anda sering berkelana ke luar kota, salah satu rumah atau apartemen Anda pun menganggur. Padahal, Anda masih harus membayar cicilan dan biaya operasionalnya seperti listrik dan kebersihan.

Tentunya sayang jika rumah atau apartemen tersebut dibiarkan kosong. Demi mendapatkan penghasilan tambahan, Anda pun berniat menyewakannya dalam Airbnb.

Namun sebelum memasukkannya dalam Airbnb, tirukan trik yang dilansir Rumah.com ini agar apartemen Anda laku di mata turis.

Lengkapi fasilitas

Tak berarti Anda harus menyewakan kolam renang atau fasilitas mewah lainnya, minimal lengkapi apartemen atau rumah Anda dengan perabotan.

Contoh, ada ranjang yang nyaman, tersedia air panas, serta penyewa dapat menggunakan kompor untuk memasak. Kebutuhan sederhana seperti ini akan membuat penyewa lebih nyaman dan kemungkinan tinggal lebih lama atau menggunakan kamar Anda kembali.

Boleh digunakan untuk acara

Ada beberapa penyewa yang sengaja menggunakan apartemen sewaannya sebagai tempat arisan atau berkumpul dengan temannya. Untuk itu, tambahkan dalam informasi rumah Anda, jika Anda memang bersedia jika rumah digunakan untuk acara tertentu.

Tak perlu khawatir terjadi sesuatu dengan apartemen Anda, karena Anda bisa memasuukan syarat serta meminta deposit pada informasi tentang kamar Anda.

Siapkan rekomendasi tempat

Penyewa yang biasanya turis akan lebih senang jika Anda menyiapkan informasi tentang rekomendasi tempat menarik yang ada di sekitar apartemen Anda.

Contohnya, di mana lokasi tempat makan yang enak, area wisata publik yang gratis, fasilitas trasnportasi terdekat, nomor darurat yang dapat dihubungi, serta fasilitas umum lainnya yang bisa digunakan penyewa.

Siapkan bonus

Tak perlu bonus yang terlalu muluk, seperti fasilitas kendaraan gratis, tapi mulailah dari hal kecil. Contoh, jika penyewa akan menggunakan apartemen selama 10 hari, Anda akan memberikan gratis 1 hari.

Atau jika penyewa menggunakan apartemen selama 7 hari, Anda akan menambahkan sarapan gratis—Anda bisa menyiapkan sarapan yang simpel, seperti roti atau buah segar, kan.

(Simak juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Sewakan Rumah)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.