Sukses

Roster, Pernik Lama yang Kembali Tren

Liputan6.com, Jakarta Mungkin belum banyak yang mengenal elemen roster. Roster merupakan inovasi desain rumah yang terbilang modern dan artistik.

Roster bukan merupakan elemen desain baru, tetapi tengah menjadi tren. Dengan elemen ini tampilan ruangan bisa menjadi lebih indah dan menarik.

Roster merupakan partisi atau penyekat antarruang yang memiliki fungsi utama sebagai lubang sirkulasi udara dan pencahayaan di siang hari pada sebuah ruang. Di luar negeri roster dikenal dengan istilah ventilation block.

Dalam perkembangannya, penggunaan roster kini tak hanya untuk luar ruangan, tapi merambah ke interior ruangan. Roster dapat digunakan sebagai pagar rumah, tempat menaruhpot, atau secondary skin untuk fasad rumah.

Ukuran roster bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Roster bisa terbuat dari beragam jenis material. Untuk Anda yang belum mengetahui jenis-jenis roster, Dirangkum dari Rumah.com, berikut ini empat jenis roster beserta kelebihan dan kekurangannya.

Roster Batako

Contoh roster batako

Roster ini mudah dijumpai di banyak hunian. Karena terbuat dari batako, biasanya memiliki warna abu-abu. Roster jenis ini lebih sering digunakan untuk di bagian luar rumah.

Namun jika Anda dapat mendesainnya dengan baik, roster jenis ini dapat memberi kesan unfinished pada bangunan. Cocok untuk bangunan bergaya industrial atau urban. Harganya pun cukup murah dan tahan lama.

Roster Keramik

Roster keramik memiliki banyak pilihan. Permukaannya yang mengilap membuatnya terlihat elegan.

Roster jenis keramik memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan bahan material lainnya. Keunggulannya, material ini memiliki banyak pilihan motif, pola dan warna.

Roster keramik dapat membuat tampilan rumah sangat cantik. Bisa diaplikasikan untuk partisi dalam rumah. Cocok untuk rumah bergaya klasik. Kekurangannya roster ini rentan pecah jika tersenggol.

Roster Kayu

Roster kayu sangat cocok untuk memperkuat kesan etnik dalam rumah Anda.

Roster bermaterial kayu akan membuat tampilan rumah lebih modern dan minimalis. Roster kayu juga membuat suasana rumah lebih menyatu dengan alam dan sejuk.

Roster jenis ini bisa Anda aplikasikan di dalam ruang sebagai partisi antarruang. Cocok untuk gaya rumah modern. Kekurangannya roster jenis ini rawan terserang rayap. Pastikan Anda benar-benar merawatnya.

(Simak juga: Yuk, Desain Rumah Lewat Aplikasi Digital)

Roster Tanah Liat

Roster tanah liat adalah salah satu bahan roster yang sudah digunakan sejak lama. Sama seperti kayu, roster ini bisa menambah kesan etnik.

Biasanya memiliki warna merah kecoklatan seperti batu bata pada umumnya. Bisa diaplikasikan di bagian luar rumah, seperti halaman depan, garasi. Namun jenis roster ini mudah rapuh.

Foto: Spacehistories.com

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Desain Pintu Unik Bikin Rumah Makin Nyentrik
Artikel Selanjutnya
Tips Nyaman Belajar di Rumah Bagi Mahasiswa S2