Sukses

4 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pelihara Hewan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Memiliki hewan peliharaan di rumah memang terlihat menyenangkan. Tingkah lakunya menghibur. Hewan pun dapat menjadi sahabat untuk anak, bahkan anak belajar berbagi dan bertanggung jawab dengan memelihara hewan.

Tetapi sebelum memutuskan untuk memelihara hewan, ada baiknya Anda mengadopsi dari tempat penampungan. Selain lebih hemat, Anda juga membantu mengurangi beban penampungan tersebut.

Selain itu, tempat penampungan hewan biasanya memberikan bonus vaksin dan steril. Namun, sebelum membawanya pulang, seperti dilansir Rumah.com, ini persiapan yang harus ada di rumah Anda.

Cek jadwal harian

Simak jadwal rutinitas Anda dan keluarga. Bila Anda dan pasangan termasuk sibuk, berangkat ke kantor saat pagi dan baru kembali ke rumah menjelang larut malam, serta anak-anak Anda sibuk dengan kegiatan sekolah dan kursus, sebaiknya Anda berpikir ulang untuk memelihara hewan.

Terlalu sering ditinggal di rumah, menyebabkan hewan dehidrasi, bahkan berisiko merusak perabotan rumah.

Pengaturan ruangan

Anda mungkin membuat peraturan agar hewan tetap diletakkan di luar ruangan. Masalahnya anak-anak tak mungkin membiarkan hewan terkurung di luar, ada kalanya mereka membiarkan hewan masuk ke dalam rumah.

Untuk itu, pastikan Anda sudah mengatur kondisi ruangan rumah. Hindari meletakkan karpet di lantai—gulung jika tak dipakai—bila tak ingin dirusak hewan.

Lalu, tanaman di dalam ruangan agar anjing atau kucing tidak buang air kecil di situ. Sementara untuk halaman, lebih baik gunakan pot gantung agar tidak dirusak hewan.

Pastikan ada ruang penyimpanan

Beberapa hewan terbukti dapat membuka laci kotak makanan untuk mengambil isinya. Untuk itu, agar area penyimpanan makanan tidak diutak-atik anjing atau kucing, Anda harus memiliki area sendiri sebagai tempat menyimpan.

Misal, bahan makanan diletakkan di dalam kitchen set yang tertutup rapat, terkunci, dan letaknya di atas sehingga susah digapai hewan.

Adopsi hewan anakan

Hewan di shelter datang dari berbagai latar belakang. Tak sedikit yang tadinya liar sehingga memiliki trauma. Ada baiknya Anda memilih hewan yang masih kecil tapi tidak memiliki induk.

Anak anjing atau kucing akan lebih mudah untuk diajarkan sesuatu, seperti menggunakan boks kotoran. Kondisi ini akan memberikan efek positif bagi rumah Anda.

Simak juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Nge-gym di Rumah)

Foto: Rumah.com

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Tips Nyaman Belajar di Rumah Bagi Mahasiswa S2
Artikel Selanjutnya
Tips Pilih Kloset Duduk Sesuai Kamar Mandi